Bupati OKI Ingin BUMDes Jadi Penggerak Ekonomi Desa


Kayuagung -Bupati Ogan Komering Ilir, H. Iskandar, SE ingin perekonomian dan kesejahteraan masyarakat desa meningkat dengan keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).


Keinginan tersebut disampaikannya saat bersilaturahmi dengan masyarakat Desa Jambu Ilir Kecamatan Tanjung Lubuk, Kamis, (7/3/19).


Dia juga menekankan agar Dana Desa (DD) mampu dioptimalkan melalui BUMDes. 


“Uang negara (Dana Desa) agar dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk masyarakat. Dikelola dengan sebaik-baiknya. Silahkan manfaatkan potensi desa menjadi peluang ekonomi desa melaluo BUMDes,” tandasnya.


Iskandar ingin BUMDes menjadi tulang punggung dan motor penggerak perekonomian desa. 


“Kita amati, BUMDes memiliki banyak manfaat untuk memperkuat pendapatan asli desa, agar desa mandiri tidak sepenuhnya bergantung ke pemerintah” katanya.


Bahkan, dia berharap BUMDes dapat memajukan dan mengembangkan perekonomian desa dan memberikan pelayanan terhadap kebutuhan masyarakat.


“Itu semua untuk memperkuat perekonomian desa berdasarkan kebutuhan dan potensi di desa masing-masing,” ucapnya.


Sementara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD), Kabupaten OKI, Hj. Nursula, S. Sos menjelaskan, sudah ada sejumlah BUMDes di OKI yang usahanya berjalan. Seperti, usaha di bidang Pariwisata, industri kreatif, pertanian maupun peternakan. 


“Kita dorong setiap desa memiliki BUMDes. Kita dampingi agar desa mampu meningkatkan usaha BUMDesnya agar terus berkembang dan besar serta semua desa mampu menggali potensinya melalui BUMDes” Ucapnya.
Diberdayakan oleh Blogger.