H M Rifai SE Dilantik Menjadi Ketua KTNA OKI

KAYUAGUNG RADIO - H M Rifai SE resmi menjabat ketua Kepengurusan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Ogan Komering Ilir (OKI) periode 2012 – 2019. 

Pelantikan yang dilaksanakan oleh Ketua KTNA Sumsel, HM Basir di Kecamatan Lempuing Kabupaten Ogan Komering Ilir Rabu (17/10) yang dihadiri kelompok tani yang ada di OKI, diantaranya, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi, Herry Susanto S.Sos, Kepala Dinas Perkebunan Ir Asmar Wijaya.kepala badan Asisten serta undangan lainnya. 

Ketua KTNA Sumsel H M Basri mengatakan Kepengurusan KTNA OKI seyogyanya berakhir 2017 namun kini diperpanjang hingga 2019.mendatang. 

“Pembangunan sektor pertanian, menurut Basri menjadi salah satu prioritas utama dalam pembangunan di Kabupaten OKI. Apalagi, mengingat luas wilayah dan lebih dari 75% penduduknya menggantungkan hidup di sektor pertanian. Oleh sebab itu, kehadiran KTNA diharapkan terus memotivasi dan mengembangkan berbagai produk pertanian yang dihasilkan para petani di wilayahnya. 

“KTNA sebagai perwakilan para petani diharapkan mampu dan berperan aktif untuk mendorong para petani memberikan perhatian yang lebih besar kepada sektor pertanian di samping sektor lainnya. Fungsi Kelompok KTNA adalah sebagai wadah musyawarah petani-nelayan dan sebagai mitra kerja pemerintah dalam pembangunan pertanian. Sesuai dengan fungsi tersebut, kelompok KTNA diarahkan untuk mampu berperan meningkatkan dan mengembangkan kemampuan para anggotanya dalam melaksanakan kegiatan yang telah diprogramkan.”ungkap Basri 

Diharapkannya, KTNA tidak membeli hasil dari luar negeri, karena itu KTNA harus memberikan hasil pertanian dan perikanan bila perlu OKI dapat memberikan sumbangsih terbesar. 

“Pelantikan pengurus ini memang ada keterlambatan karena kepengurusan yang lama telah habis pada 2012, namun untuk kepengururusan yang baru ini SK nya baru ditanda tangani jadi menurutnya periode kepengurusan ini masa baktinya harus ditambah hingga 2019,” Katanya. 

Bupati OKI Iskandar SE, yang diwakili, BP4K OKI, mengharapkan pengurus KTNA OKI dapat berkomunikasi dengan baik dengan petani di desa agar dapat menyalurkan aspirasi mereka, sehingga petani dan nelayan dapat memecahkan permasalahan petani dan nelayan. 

Sementara itu Ketua KTNA OKI, HM Rifai SE, memprogramkan KTNA OKI nantinya dapat meningkatkan produksi petani, serta menyediakan penampungan padi, pada saat panen, sehingga pada nantinya harga padi dapat dikontrol.karena yang terjadi selama ini, harga padi akan anjlok disaat panen. Maka dari situ kita akan mengantisipasi hal tersebut, KTNA OKI akan tetap menyeimbangkan harga dengan menampung hasil panen para petani.”Ungkapnya
Diberdayakan oleh Blogger.