Pingin Tau Makanan Pencegah Osteoporosis Ini Dia

Kayuagung - Osteoporosis ialah suatu kondisi di mana kualitas dan kepadatan tulang akan berkurang dengan cepat. Pada dasarnya kondisi medis ini membuat tulang menjadi rapuh sehingga meningkatkan risiko patah tulang.

Biasanya, wanita berusia di atas 40 tahun dapat berisiko lebih besar terkena penyakit ini. Penyakit ini disebut sebagai silent disease karena tidak menunjukkan gejala keropos tulang pada tahap awal.

Faktor umum yang menyebabkan penyakit ini ialah keturunan, riwayat keluarga, gizi buruk, merokok, aktivitas fisik, dan berat badan rendah. Kelenjar tiroid yang terlalu aktif dan kelenjar adrenal juga dapat dikaitkan dengan osteoporosis serta asupan kalsium yang tidak memadai. Nutrisi lain yang sama-sama penting dalam pembentukan tulang adalah vitamin D dan K, magnesium, seng, tembaga dan mangan.beberapa daftar makanan yang ampuh mencegah dan mengurangi risiko penyakit ini.


1. Ikan
Ikan merupakan makanan yang sempurna untuk melawan osteoporosis sebab menjadi sumber yang kaya kalsium. Kalsium adalah suatu keharusan untuk menjaga kesehatan tulang. Ikan sarden dan salmon merupakan sumber terbesar kalsium. Mengonsumsi mereka membantu dalam menjaga kesehatan tulang.

2. Yoghurt
Yoghurt efektif mengurangi risiko osteoporosis. Minuman asam ini merupakan sumber kalsium yang baik, vitamin, dan nutrisi. Yoghurt juga mengandung vitamin D yang dapat mencegah kehilangan tulang dan menjamin kesehatan tulang yang baik.

3. Susu
Konsumsi secara teratur susu adalah cara terbaik untuk mengurangi gejala osteoporosis. Susu dan produk turunannya yang kaya kalsium, protein, karbohidrat, dan vitamin dapat mencegah penuaan dini, reaksi alergi yang lebih rendah, menyembuhkan luka lebih cepat, dan membuat terkelupas kulit lebih baik.
4. Telur
Telur merupakan makanan ideal yang dapat dikonsumsi untuk mencegah osteoporosis. Hal ini kaya akan vitamin, kalsium, selenium, dan folat yang melindungi kesehatan tulang. Bahkan telur juga bisa membantu memelihara kesehatan rambut dan kuku. Protein alami hadir dalam telur dapat mencegah risiko osteoporosis.

5. Kubis
Kubis merupakan sumber serat, vitamin, asam folat, dan mineral --seperti mangan, besi, dan magnesium. Kubis memastikan tulang sehat dan kuat. Mengingat kandungannya yang kaya vitamin K, kubis membantu dalam proses metabolisme tulang dan mencegah penyakit Alzheimer.

6. Pisang
Pisang sama-sama efektif dalam mencegah osteoporosis. Makan pisang secara teratur dapat membantu menyerap kalsium dan nutrisi penting yang memastikan kesehatan tulang. Hal ini juga melindungi terhadap kanker, diabetes, morning sickness saat hamil, dan menurunkan tingkat depresi.

7. Kacang
Kacang tinggi akan vitamin D, kalsium, serat, dan antioksidan. Kacang-kacangan dan lentil dianggap sebagai pilihan makanan terbaik untuk osteoporosis. Mereka kaya folat yang berperan penting dalam perkembangan sel-sel darah merah.

Sumber : Feed.id
Diberdayakan oleh Blogger.