728x90 AdSpace

Latest News
Kamis, 07 September 2017

Tingkatkan Populasi Ternak & Kelahiran Dengan Mengalakkan GBIB

Kayuagung -Gertak Birahi Inseminasi Buatan (GBIB) khusus Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), terus digalakkan oleh Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten OKI. Terutama wilayah yang mempunyai populasi sapi dan kerbau terbanyak.

Kepala Disbunnak Kabupaten OKI, Aris Panani SP didampingi oleh Kabid Peternakan dan Keswan, M Ali Guntur SP mengatakan, untuk GBIB memang terus digalakkan dengan tujuan untuk meningkatkan populasi ternak termasuk juga kelahirannya.

“Yang terpenting untuk memperbaiki mutu genetik. Petugas inseminator saat ini terus mendatangi peternak-peternak sapi khususnya di kecamatan-kecamatan untuk dilakukan GBIB. Yakni guna untuk meningkatkan populasi ternak, juga kelahiran dan memperbaiki mutu genetik,” ujar Aris Panani.

Menurutnya, petugas-petugas mendatangi peternak terutama daerah yang belum mengenal kawin suntik. Seperti untuk Kecamatan Mesuji, Mesuji Raya, Lempuing dan Lempuing Jaya, semua telah mengenal IB dan rutin dilakukan IB.

“Wilayah yang telah kita lakukan GBIB yakni Kecamatan SP Padang, Tulung Selapan dan Jejawi. Dan saat ini petugas kita sebanyak 11 orang berangkat ke Air Sugihan untuk melakukan hal serupa. Disana populasi sapi betina produksi mencapai 270 ekor, nah semua itu siap untuk di GBIB,” tandasnya.

Masih kata Aris, adapun target program ini adalah khusus gangguan reproduksi, sehingga adanya GBIB dapat meningkatkan populasi, meningkatkan mutu genetik dengan alasan adanya pejantan unggul disuntik. “Sebelum dilakukan GBIB, terlebih dahulu dilakukan perbaikan reproduksi, sehingga tujuan program ini tepat sasaran,” pungkasnya.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Tingkatkan Populasi Ternak & Kelahiran Dengan Mengalakkan GBIB Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio