BUPATI OKI PANEN RAYA PADI TADAH HUJAN SERTA MENUTUP SEKOLAH LAPANGAN PENGELOLAAN TANAMAN TERPADU (SLPTT)


Selasa 22 Maret 2011, bertempat di Desa Kepayang Kecamatan Lempuing, Kabupaten OKI, berlangsung acara Panen Raya Padi Tadah Hujan serta penutupan Sekolah Lapangan Pengelolaan Tanaman Terpadu. Hadir dalam acara tersebut Bupati OKI yang diwakili oleh Plt Sekda Kab. OKI, Unsur Muspida Kab. OKI, Kepala Dinas, Badan, Kantor, Staf Ahli, Camat Lempuing, Kepala Desa Kepayang, serta para masyarakat Desa Kepayang yang turut hadir pada acara tersebut.

Camat Lempuing, Arif Akhadi, S.Sos Msi dalam sambutannya mengatakan bahwa Kecamatan Lempuing terdiri dari 16 desa dimana 70% penduduknya berprofesi sebagai petani. Di Desa Kepayang memiliki potensi berupa sawah irigasi, sawah tadah hujan serta memiliki produksi gabah kering. Adapun permasalahan yang sering terjadi di wilayah ini adalah iklim. Iklim yang sering tidak menentu dapat menyebabkan gangguan pada produksi padi. Apabila terjadi musim kemarau maka banyak sawah yang mengalami kekeringan, apabila terjadi musim hujan maka banyak sawah yang terendam banjir. Selain hal-hal tersebut, Desa Kepayang juga mengalami permasalahan dalam infrastruktur jalan, sehingga banyak para petani di daerah ini mengalami kesulitan di dalam memasarkan produksi padi mereka. Terakhir, diucapkan terima kasih kepada Pemkab. OKI atas pembinaan dan bantuan selama ini sehingga produksi padi di Desa Kepayang pada tahun ini dapat meningkat dari tahun sebelumnya.


Kepala Dinas Pertanian OKI, Ir. Deffi Praputra dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kecamatan Lempuing, khususnya Desa Kepayang atas terlaksananya acara panen raya pada hari ini. Dijelaskan bahwa mengenai benih padi unggul serta pupuk secara bertahap telah diprogramkan dan menjadi skala prioritas bagi warga Desa Kepayang, serta sekarang ini sedang diusahakan untuk melaksanakan irigasi teknis khususnya di wilayah Kecamatan Lempuing. Kepada Pemerintah Kab. OKI diharapkan dapat melengkapi sarana dan prasarana yang masih dibutuhkan oleh masyarakat setempat sehingga nantinya mereka dapat memaksimalkan produksi padi di Kabupaten OKI sesuai dengan instruksi Bupati OKI.

Bupati OKI, Ir. H. Ishak Mekki, MM yang diwakili oleh Plt Sekda Kab. OKI, Ir. H. Ruslan Bahri MT dalam sambutannya mengatakan tantangan peningkatan produksi tanaman pangan di masa mendatang dihadapkan dengan berbagai permasalahan seperti pertambahan jumlah penduduk, sempitnya kepemilikan lahan akibat alih fungsi tanaman pangan yang subur menjadi kawasan non pertanian seperti perumahan, kawasan industri, prasarana jalan dan lain-lain. Untuk mengantisipasi perubahan lingkungan tersebut, strategi dan fokus pembangunan tanaman pangan kedepan antara lain dengan intensifikasi tanaman dan penambahan areal luas tanam yang diharapkan dapat memberi kontribusi terhadap upaya peningkatan produksi tanaman pangan secara berkesinambungan. Untuk itu berbagai upaya dilakukan pemerintah pusat dan daerah salah satunya melalui program pembangunan pertanian yaitu dengan meningkatkan produksi tanaman pangan khususnya tanaman padi.. Dijelaskan lebih lanjut bahwa pada tahun 2010 luas tanaman padi yang dipanen seluas 128,033 hektar dengan produksi padi sebanyak 556,474 ton gabah kering. Diusahakan pada tahun-tahun berikutnya peningkatan produksi padi akan terus meningkat baik itu melalui intensifikasi tanaman maupun percetakan sawah, dalam bentuk optimalisasi pemanfaatan lahan, konservasi, jalan usaha tani, jaringan irigasi tingkat usaha tani dan sodetan untuk mendukung program Sumatera Selatan sebagai lumbung pangan. Pada kesempatan ini pula akan diserahkan 10 ekor sapi hasil perkembangan sapi indukan melalui APBD tahun 2007. Semoga bantuan ini dapat dipelihara dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, serta dapat kembali di gulirkan kepada kelompok tani lainnya.
Setelah acara tersebut, dilakukan penyerahan bantuan kepada yayasan panti asuhan Amar Makruf Nahi Munkar di Desa Tugumulyo, Kecamatan Lempuing.

Kabag Humas & Protokol Setda OKI

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.