USIR BAU BAWANG DARI MULUT

Mungkin Anda seperti orang kebanyakan, suka bawang namun enggan mengonsumsinya karena memikirkan dampak baunya. "Kalau tidak ada aktivitas apa-apa lagi setelah makan sih nggak apa-apa, tapi kalau masih harus meeting. Wah kan malu kalau mulut bau bawang," ujar Rastra (25) selaku karyawati sebuah perusahaan swasta. 

Jika Anda sering bernasib sama seperti Rastra, ingin makan bawang namun kebingungan dengan cara mengusir baunya, maka solusi berikut ini pasti bisa menghibur.

Apakah itu dengan berkumur, makan permen, atau menggosok gigi? Ternyata meski semua metode tersebut sudah dilakukan, mulut tetap saja bau. Kini saatnya mencobanya dengan cara baru yaitu menenggak susu. 

Para ilmuwan mendapati, menenggak susu saat makan bisa menangkal bau bawang yang biasanya menimbulkan aroma tak sedap di mulut. Tes yang dilakukan para peneliti ini melibatkan bawang mentah dan yang telah dimasak, dan susu menunjukkan kemampuan ajaibnya saat mampu mengurangi konsentrasi kimia yang memberikan aroma kurang sedap dari bawang. 

Salah satu komponen senyawa kimia dalam bawang yaitu allyl methyl sulphide(AMS), tak bisa dirombak selama proses cerna, sehingga harus dilepaskan dari tubuh lewat nafas dan keringat. Meski bawang kaya akan vitamin, mineral, serta mampu menurunkan tekanan darah dan kolesterol, namun bawang juga bisa memberikan aroma yang buruk, sehingga tak jarang orang enggan mengonsumsinya. 

Tes sebelumnya menemukan bahwa menggosok gigi setelah makan bawang tetap menunjukkan kegagalan sebab bau bawang bakal muncul setelah beberapa saat. Namun untungnya sekarang solusi tersebut terpecahkan berkat susu. Para ilmuwan di Ohio State University mendapati minum segelas kecil (200 ml) susu bisa mengurangi bau AMS dalam nafas hingga 50%. 

Sementara sebuah penelitian lain di Amerika yang dimuat dalam Journal of Food Science menyimpulkan susu kaya lemak memberikan hasil lebih baik daripada susu skim, dan lebih baik susu dikonsumsi selagi makan, ketimbang setelahnya.



sumber : http://www.vemale.com/kesehatan/5569-tips-praktis-usir-bau-bawang-dari-mulut.html

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.