MANFAAT TUMBUHAN KUMIS KUCING

 KAYUAGUNG RADIO -Manfaat kumis kucing belum banyak yang menyadarinya, bahkan tidak tahu. Kumis kucing merupakan tanaman berkhasiat obat untuk kesehatan tubuh kita. Daun tanaman kumis kucing biasa banyak ditemui di daerah dataran rendah dengan tanah yang subur dan curah hujan yang cukup.

Kumis kucing memiliki batang yang basah dan tegak, pada bagian bawahnya berakar dan bentuk daunya berbentuk lonjong, bundar, langset, bundar telur atau belah ketupat yang dimulai dari pangkalnya. Ciri khas yang dimiliki tanaman obat ini berada pada bagian kelopak bunga berkelenjar yang urat dan pangkalnya berbulu pendek dan jarang.

Khasiat kumis kucing banyak sekali yang bisa anda ketahui, bisa mengobati berbagai penyakit yang ada dalam tubuh kita seperti halnya penyakit kencing batu atau saluran kemih yang tidak lancar. Anda bisa mengunakan daun kumis kucing kering untuk dijadikan obat pada saluran kemih, dengan cara membuatnya jamu atau ramuan yang bisa anda konsumsi secara teratur.

Manfaat kumis kucing juga bisa mengobati penyakit rematik. Rematik merupakan penyakit yang menyerang sendi dan struktur jaringan sekitarnya (tendon ligament, sinovia, otot sendi, dan tulang). Penyakit ini tidak terbatas menyerang sendi bisa juga mengenai organ lain. Penyakit rematik bisa diobati dengan tumbuhan kumis kucing dengan cara mengambil daun kumis kucing beserta bunganya dan rebus daun serta bunga yang berbentuk seperti kumis kucing tersebut dengan air sebanyak 3 gelas. Rebus sampai airnya tersisa setengahnya. Jadikan air rebusan itu minuman untuk mengatasi rematik yang menyerang anda.

Selain itu, daun kumis kucing ini bisa mengobati radang ginjal, batu ginjal, kencing manis, penyakit syphilis, dan penyakit albuminuria yaitu semacam penyakit simtoma atau gejala terdapatnya sejumlah konsentrasi albumin (protein yang ada dalam darah yang diperlukan oleh tubuh untuk memelihara dan memperbaiki jaringan) di dalam urin. Dan gejala yang berlebihan sperti itu berbahaya dan harus segera diatasi. Kumis kucing juga bermanfaat untuk menurunkan glukosa darah, menyembuhkan batuk, encok, masuk angin dan sembelit. Kumis kucing bersifat diuretik, dan digunakan sebagai anti bakteri.

Itulah tips sehat cara mendapatkan manfaat kumis kucing. yang terkandung didalamnya. Dengan memanfaat daun obat tradisional ini sangat bagus untuk kesehatan. Itulah tips sehat yang bisa saya bagikan untuk anda. Semoga bermanfaat. 
sumber sehatcantika
Diberdayakan oleh Blogger.