PERINGATAN HUT KE-50 SATUAN PERLINDUNGAN MASYARAKAT

KAYUAGUNG RADIO - Bertempat di Halaman Pemkab. OKI Senin, 23  April 2012 berlangsung Upacara HUT Ke-50 Satuan Perlindungan Masyarakat (LINMAS), bertindak selaku Pembina Upacara Wakil Bupati OKI          H. Engga Dewata Zainal, S.Sos dan Komandan Upacara Ajisman,S.Sos. Hadir dalam acara tsb Ketua DPRD Kab. OKI beserta anggota, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kab. OKI, Ketua TP PKK Kabupaten OKI, Ketua DWP Kabupaten OKI, Sekda, Asisten, Staf Ahli, Kepala Dinas, Badan, Kantor, Bagian di jajaran Pemerintah Kabupaten OKI dan para Peserta Upacara.

Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Bupati OKI  H. Engga Dewata Zainal, S.Sos mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya serta apresiasi yang setinggi-tingginya kepada segenap jajaran aparat Satuan Perlindungan Masyarakat di seluruh Indonesia yang telah sukarela dan dedikasi tinggi membantu Pemerintah dan Pemerintah Daerah dalam mengemban tugas dan fungsi Perlindungan Masyarakat dengan baik di lapangan. Dan berharap seiring bertambahnya usia, Satuan Perlindungan Masyarakat dapat terus memelihara dan meningkatkan eksistensinya dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan Negara. Gamawan Fauzi juga mengatakan bahwa tema HUT kali ini bertujuan untuk meningkatkan peran serta Satuan Perlindungan Masyarakat dalam salah satu bidang tugasnya yaitu membantu Pemerintah dan Pemerintah Daerah dalam penanggulangan bencana. Kita ketahui bersama bahwa penanggulangan bencana tidak hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah dan Pemerintah Daerah saja, tetapi juga seluruh komponen serta lapisan masyarakat. Oleh sebab itu, partisipasi masyarakat selalu menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam menjamin suksesnya penyelenggaraan penanggulangan bencana.
Ditambahkan olehnya, salah satu tugas penting Satuan Perlindungan Masyarakat adalah ikut melakukan segala usaha dan kegiatan melindungi dan menyelamatkan masyarakat terhadap bencana, sehingga dapat membatasi/memperkecil jatuhnya korban serta mengurangi penderitaan masyarakat mengingat bencana baik bencana akibat ulah manusia dapat menimbulkan korban jiwa dan harta benda serta kerusakan alam atau lingkungan. Di akhir sambutannya Gamawan Fauzi menghimbau beberapa hal sebagai berikut : 1. Pemerintah Daerah agar dapat meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia Aparat Satuan Perlindungan Masyarakat sehingga menjadi professional dalam mengemban tugasnya dilapangan khususnya dalam membantu penanggulangan bencana. 2. Memberdayakan Aparat Satuan Perlindungan Masyarakat lebih kepada tugas pokok dan fungsi utama yang dimilikinya. 3. Mempersiapkan Satuan Perlindungan Masyarakat sebagai mobilisan yang sewaktu-waktu untuk dimobilisasi sebagai komponen cadangan Negara. 4. Senantiasa menjalin dan meningkatkan koordinasi dan komunikasi yang sinergis dengan instansi terkait serta lembaga masyarakat lain dalam melaksanakan tugas pokok Satuan Perlindungan Masyarakat. Dalam kesempatan ini diserahkan mobil internet oleh Bupati OKI Ke camat se kabupaten oki dan mobil perpustakaan keliling ke Kepala kantor perpustakaan dan arsif daerah Dra. herdiana
Diberdayakan oleh Blogger.