Pagelaran Seni Budaya OKI Pukau Pengunjung TMII

KAYUAGUNG RADIO - Pagelaran seni budaya Kabupaten OKI memukau  pengunjung yang memadati Anjungan Sumatera Selatan Taman Mini Indonesia Indah. “The Show is very interisting. Ujar Josh dan Mikel dua orang turisman asing asal Spanyol  yang turut menyaksikan Pagelaran Seni Budaya Kabupaten  di TMII Jakarta pada Sabtu (30/6/2012).

Hj. Nurmalia Hamid Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten OKI mengatakan pagelaran seni ini diselenggarakan dalam rangka mempromosikan potensi pariwisata Kabupaten Ogan Komering Ilir. "seni budaya bagian yang tidak terlepas dari masyarakat OKI melalui tari dan lagu yang ditampilkan ini digambarkan kearifan masyarakat OKI semoga dapat mengobati kerinduan masyarakat asal OKI yang di Jakarta dan sekitarnya ini" Ujar Nurmalia,

Para penari dari sanggar seni Bende Seguguk binaan Ketua Dewan Kesenian Kabupaten OKI, Hj. Tartilah Ishak menyambut tamu-tamu kehormatan dengan tari sabung.  Selanjutnya, para personel sanggar seni tersebut mempertunjukan Tari “Tape Lengkuse" yang menceritakan tentang keteguhan hati seorang pemuda sakti bernama Lengkuse yang hidup di Kayuagung pada abad 16 an. Selanjutnya para penari wanita menampilkan Tari Tenawan Taun. Gadis-gadis OKI yang cantik terlihat anggun dan mempesona penonton dengan menggunakan kostum yang di dominasi wanna kuning  ditambah dengan hentakan musik perkusi diiringi irama modern oleh tim kesenian Kabupaten OKI terlihat bagus sehingga memang benar-benar memukau.

Selain pegelaran seni, acara ini juga merupakan ajang silaturahmi masyarakat asal Kabupaten OKI yang berada di Jakarta dan sekitarnya melalui pengukuhan pengurus Kecaroman Masyarakat Kayuagung (Kemasagung) Jabodetabek. Turut Hadir dalam kesempatan ini Dirut Utama PT. Prefort yang merupakan putra asal OKI Ir. Armando Mahler, Anggota DPR RI, Boby Marzuki, staf ahli Dirut. Bidang Budaya TMII, Mas'ud Toyyib, artis senior Anwar Fuadi  serta tokoh dan  masyarakat asal OKI yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya. Armando Mehler dalam kesempatan ini  mengatakan selaku masyarakat OKI yang berada jauh dari kampung halaman merasa sangat terhibur dan terobati kerinduan akan kampung halaman dengan menyaksikan pagelaran seni yang ditampilkan tim kesenian Kabupaten OKI. Ditambahkan Armando sejak kepemimpinan Hj. Ishak Mekki citra positif Kabupaten OKI di negeri ini kian baik melalui prestasi dan penghargaan yang diterima "Tidak pernah ada suara sumbang terdengar oleh kami yang diperantauan ini tentang Kabupaten OKI ini berkat kepemimpinan Pak Ishak. Selaku warga OKi tentunya kita tidak meragukan lagi kemampuan Pak Ishak untuk memimpin Sumatera Selatan" Ujar Armando.

Ishak Mekki dalam kesempatan ini mengatakan pembinaan adat budaya di OKI terus dikembangkan bahkan Tim kesenian OKI sudah beberapa kali diundang baik di dalam Dan diluar negeri seperti tahun lalu mengisi acara Pentas budaya Indonesia di Denhag Belanda. "Kesenian dan budaya terus kita perhatikan agar masyarakat OKI baik yang berada di Kabupaten Dan diluar daerah tetap mencintai kekayaan warisan budaya ini" Ujar Ishak. Ishak juga menceritakan kemajuan-kemajuan pembangunan di OKI kepada masyarakat perantauan asal OKI di Jakarta Dan sekitarnya. "Alhamdulilah banyak kemajuan yang dicapai diantaranya tahun ini kita berhasil meraih Piala Adipura terbaik di Indonesia, satu-satunya Kabupaten di Indonesia yang menjadi jarringan Kota hijab dunia Dan Insya Allah pembangunan tol Kayuagung-Jakabaring Akan terwujud tahun ini" cerita Ishak disambut riuh tepuk tangan hadirin.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.