Menjaga agar Anak Bugar Selama Berpuasa

KAYUAGUNG RADIO - Saat belajar berpuasa, anak seringkali terlihat lesu dan tidak bergairah. Meski hal tersebut sangatlah wajar, Anda bisa tetap membuat anak-anak ceria dan tetap bugar.

1. Pastikan anak makan sahur: rasa kantuk biasanya menjadi alasan anak-anak untuk menolak ajakan sahur. Meski demikian Anda harus memastikan agar anak menyantap makan sahur. Lengkapi pula asupannya dengan nutrisi yang seimbang. Disertai air putih yang cukup. Tambahkan pula buah segar dan segelas susu.

2. Ajak anak melakukan kegiatan positif: mengaji bersama merupakan pilihan terbaik saat menghabiskan waktu selama berpuasa. Selain itu, Anda bisa mengajaknya untuk berkunjung ke rumah kerabat yang tidak terlalu jauh dari rumah.

3. Tidur siang: waktu sahur yang sedikit memangkas jam tidur anak dapat diganti saat tidur siang. Pastikan anak tetap tidur siang untuk menjaga kebugaran hingga sore tiba. Tidur siang idealnya berlangsung hingga 2 jam.

4. Jangan lupakan olahraga: berpuasa bukan menjadi halangan untuk berolahraga. Agar tubuh anggota keluarga tetap bugar, berolahraga dengan intensitas yang ringan bisa menjadi pilihan yang menyenangkan. Ajak anak untuk bersepeda santai mengelilingi taman, atau bentuk sederhana seperti latihan peregangan yang bisa dilakukan di teras rumah. Berolahragalah satu hingga dua jam sebelum waktu berbuka puasa.

5. Penuhi menu berbuka puasa yang sehat: membuat makanan berbuka sendiri di rumah, adalah langkah yang bijak. Berkreasilah membuat penganan untuk berbuka sehingga anak tidak terbiasa mengonsumsi makanan yang dijual di pinggir-pinggir jalan.

Sumber : mediaindonesia.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.