Single "Pergi" Bergenre Pop Soul Dari "R'NuFolks"

KAYUAGUNG RADIO - Regeneration Nu Folks atau R'NuFolks merupakan band bergenre Pop Soul, berasal dan berdomisili di Jakarta. Yang terdiri dari 5 (lima) personel: Rendy Hendrawan (Vocal & Guitar); Alex Zulkarnaen (Bass); Bobby Abdiawan (Percussion); EkkyPrasetyo (Guitars); dan Fauzan Billiebean Ananda (Drum).

Band terbentuk secara resmi tanggal 14 Oktober 2009, yang berawal dari ide Rendy Hendrawan untuk membentuk solo project dengan nama "Rendy N Friends". Rendy sendiri merupakan jebolan Juara 2 StarBuzz TPI dan anak didik Rieka Roslan "The Groove". Seiring waktu “Rendy N Friends” merubah konsep dari solo project menjadi sebuah band utuh dan solid, dengan nama baru "RNF" tanpa nama panjang.

Dalam perkembangannya RNF menunjukkan effort dan karyanya di dunia musik dengan mengikuti berbagai event musik, baik event festival musik, menjadi pengisi acara komunitas seperti Komunitas Jazz Kemayoran Festival, bermain dalam Bekasi Jazz Festival, serta menjadi Featuring dan Guest Star di berbagai event baik itu pentas seni di sekolah, universitas ataupun acara musik lainnya.

Tiga single telah dirilis dalam kurun waktu sejak terbentuk sampai saat ini, yaitu Cinta Adalah 5 (2010), Maka Tersenyumlah (2010) dan Pergi (2012) yang dibagikan secara gratis melalui social media. Dirilisnya single tersebut ternyata mampu mencuri perhatian penikmat musik dan membuat nama RNF menjadi dikenal sampai sekarang di berbagai kalangan. Sehingga pada bulan Desember 2011 lahirlah fanbase di twitter yang merupakan inisiatif dari fans band ini. Dan “Folksteam” adalah sebutan bagi mereka yang mencintai band ini dan karyanya.

Pada tahun 2012, seiring dengan rencana rilis album perdana, diputuskan untuk melakukan rebranding nama band menjadi "Regeneration Nu Folks" dengan akronim baru yang lebih spesifik yaitu “R'NuFolks”. Rebranding ini dimaksudkan bahwa R’NuFolks akan menjadi orang-orang yang membawa pembaharuan dalam dunia musik dan dalam bermusik.

Regeneration Nu Folks

Dan sehubungan dengan rencana rilis album pertama, persiapan baik dari sisi materi lagu maupun aransemen telah dilakukan secara matang. Apalagi dengan hadirnya Rieka Roslan sebagai produser album R’NuFolks. Rieka Roslan sendiri merupakan pendiri band The Groove dan juga adalah seorang penyanyi Jazz Solo yang masih aktif berkarya di dunia musik Indonesia saat ini.

Diharapkan hasil karya perdana R’NuFolks ini dapat menambah keberagaman musik Indonesia.

Lagu “Pergi” merupakan single ketiga R'NuFolks (Are New Folks), band Indie bergenre Pop Soul yang terbentuk tanggal 14 Oktober 2009, setelah dua single sebelumnya yang dirilis tahun 2010 yaitu Cinta Adalah 5 (Ca5) dan Maka Tersenyumlah.

R’NuFolks terdiri dari 5 (lima) personil; Rendy Hendrawan (Vocal & Guitar); Alex Zulkarnaen (Bass); Bobby Abdiawan (Percussion); Ekky Prasetyo (Guitars); dan Fauzan Billiebean Ananda (Drum). Bermula dari solo project dengan nama Rendy N Friends tahun 2009, yang kemudian berubah menjadi RNF pada tahun 2010 dan terakhir pada tahun 2012 berganti menjadi R'NuFolks (Are New Folks). R'NuFolks sendiri merupakan singkatan dari Regeneration Nu Folks yang dimaksudkan sebagai orang-orang yang terlibat dalam pembaharuan musik Indonesia.

Seiring perkembangannya R’NuFolks terlibat dalam berbagai event musik seperti Komunitas Jazz Kemayoran Festival, Bekasi Jazz Festival, Jazz In School dan Orkes Jazz serta menjadi pengisi acara sebagai featuring band dan Guest Star dalam acara pentas seni baik di sekolah maupun perguruan tinggi atau acara sejenis lainnya.

Berbeda dengan dua single sebelumnya, lagu “Pergi” bertemakan patah hati, dengan irama yang slow, dan diiringi petikan gitar akustik dan dentingan piano yang menonjolkan kegalauan dan kegetiran cinta mendalam. Tak hanya mengungkap perasaan sedih, tapi juga liriknya menyiratkan untuk move on.

Single ini diluncurkan lebih awal sambil menunggu proses penggarapan album R'NuFolks selesai tahun ini. Dan sebagai salah satu pendatang baru dalam belantika musik tanah air yang berangkat dari musik indie, R’NuFolks berharap bisa memberikan warna baru dalam musik Indonesia.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.