Kemendikbud, Gandeng Bens Leo Buat Festival Lagu Anak Nusantara

KAYUAGUNG RADIO - Mulanya adalah keprihatinan yang diutarakan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) bidang budaya Wiendu Nuryanti, akan fenomena minimnya lagu-lagu anak berkualitas dan anak-anak yang menyanyikan lagu orang dewasa. 

Wiendu kemudian bertemu dengan pemerhati industri musik dan pemilik artist management Bens Leo. Jadilah mereka membuat ajang Festival Lagu Anak Nusantara.

"Saya dan Ibu Wiendu bertemu di suatu acara, dan beliau mengutarakan keprihatinannya akan minimnya lagu anak-anak," kata Bens Leo saat ditemui detikcom di rumahnya, di Jalan Lembah Cirendeu II, Ciputat, Sabtu (6/10/2012) yang lalu.

Bens kemudian bertemu dengan Wiendu sekitar 3 kali dan melakukan brainstorming, apa yang bisa dilakukan untuk mengangkat nasib lagu anak-anak ini. Tercetuslah ide membuat Festival Lagu Anak Nusantara.

"Selama ini acara-acara lomba menyanyi anak di TV, anak-anak ini malah menyanyikan lagu-lagu orang dewasa. Kalau saya tidak bisa, ketika berurusan dengan anak-anak, yang ada harus tanggung jawab moral," kata Bens yang mengaku pernah dicurhati salah satu juri suatu acara idol anak-anak karena tak bisa mencegah anak-anak itu menyanyikan lagu orang dewasa.

Lagu Anak Nusantara ini akan digelar pada 29-30 November 2012. Ada serangkaian acara yang akan digelar, yakni lomba pencipta lagu anak dan lomba penyanyi lagu-lagu anak. Hadiahnya, untuk pencipta lagu, juara pertama Rp 25 juta, juara terakhir Rp 10 juta. Sedangkan untuk lomba menyanyi anak, juara pertama mendapatkan Rp 10 juta dan juara terakhir Rp 5 juta.

"Total hadiah Rp 225 juta untuk 20 pemenang," jelas Bens.

Selain uang tunai, penyanyi anak terbaik akan menyanyikan lagu ciptaan terbaik yang akan direkam dalam CD Demo. 

Jurinya antara lain Trie Utami, Dian HP, Purwacaraka, Dwiki Darmawan, Elsa Sigar dan Bens Leo sendiri. Grand Final akan digelar di Tennis Indoor Senayan, pada 29-30 November, dengan bintang tamu Dance Company and family, Swettin dan Super 7. 

Di acara itu juga akan dipamerkan dolanan anak-anak, coaching clinic bagi pencipta dan penyanyi lagu anak-anak.

Tertarik? Pendaftaran lomba pencipta lagu anak dan penyanyi anak untuk Festival Lagu Anak Nusantara sudah mulai dibuka pada Sabtu kemarin hingga 11 November 2012. Penjurian I pada 14 November 2012, Penjurian II pada 17-18 November 2012.

Informasi lebih lanjut bisa disimak di www.festivallaguanaknusantara.com, dan email: admin@festivallaguanaknusantara.com atau ke Sekretariat Panitia Festival Lagu Anak Nusantara, Jalan Dharmawangsa X /1, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Diberdayakan oleh Blogger.