Memberdayakan Media Online

KAYUAGUNG RADIO - Bukanlah suatu rahasia lagi jika media online menjadi kekuatan baru di era informasi modern saat ini. Media online mampu menyebar dan menyentuh sasaran (baca-publik) tanpa batas waktu dan jarak. Perangkat digital yang semakin terjangkau membuat masyarakat selalu terkonek dengan media online sehingga dimanapun dan kapanpun masyarakat bisa akses informasi. Nah, satu hal menarik untuk dipikirkan adalah sudahkah kita mengambil manfaat dari keberadaan media online tersebut untuk kepentingan bisnis dan karir?
Salah potensi besar media online adalah jejaring sosial. Keberadaan jejaring sosial tidak bisa diremehkan lagi. Di jejaring sosial itulah ratusan juta masyarakat berkumpul. Di jejaring sosial itulah ribuan teman bisa kita miliki. Namun keuntungan apa saja yang bisa kita dapatkan dari banyaknya koneksi yang kita miliki dijejaring sosial? Apakah jejaring sosial bisa mendongkrak keuntungan bisnis dan karir kita? Apakah jejaring sosial sekedar media daftar kenalan atau teman-teman saja? Apakah kita sudah mulai menggunakan jejaring sosial untuk kepentingan yang lebih hebat dari sekedar koleksi teman-teman?
Selain jejaring sosial, media online yang bisa kita manfaatkan adalah blog. Seiring dengan waktu, blog menjadi semakin populer di masyarakat. Tidak sedikit dari masyarakat menggunakan blog sebagai media untuk mempromosikan bisnis dan karir. Tidak jarang saya sendiri menemukan informasi yang sangat bermanfaat dari blog-blog online. Namun satu hal yang menjadi keprihatinan saya adalah tidak blog-blog yang  nampak tidak terurus. Tidak sedikit para blogger yang tidak memiliki orientasi jelas tentang blognya sehingga manfaat blog tidak bisa dirasakannya.
Selain blog, keberadaan email juga sangat bermanfaat sekali. Email mampu membuat komunikasi dengan orang di berbagai dunia menjadi semakin mudah. Pesan yang dikirimkan langsung diterima dengan hitungan detik. Hal ini bisa dibayangkan jika sebuah surat dikirim melalui cara tradisional seperti surat.
Dengan semakin terjangkanya perangkat digital seperti smartphone (telpon pintar), laptop, dan tablet ketergantungan orang dengan dunia online akan semakin kuat. Misalnya, orang akan lebih tertarik untuk memanfaatkan search engine atau mesin pelacak seperti Google untuk mencari informasi daripada bertanya ke orang lain. Dengan bantuan Google dengan hitungan detik, informasi terkait dengan kata kunci yang dimasukan akan dihadirkan. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi mereka yang memiliki media online karena informasi yang dibuatnya dihadirkan langsung ke publik oleh Google.
Akhir kata, perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat telah mengubah gaya hidup. Masyarakat yang cerdas adalah mereka yang mampu mengambil tindakan cerdas untuk menyesuaikan dengan tuntutan masyarakat. Di era teknologi ini, keberadaan media online akan menjadi tumpuan baru dalam kehidupan. Apakah Anda sudah siap untuk memberdayakan media online untuk menunjang keberhasilan bisnis dan karir Anda?
 
 
 
 
 
Diberdayakan oleh Blogger.