Suhu Udara di Sumatera Selatan Meningkat

KAYUAGUNG RADIO - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memprakirakan suhu udara di sejumlah kota di Sumatera Selatan beberapa hari ke depan mengalami peningkatan.
Tanda-tandanya muncul sekarang ini karena udara sedikit terasa lebih panas dari sebelumnya.

"Suhu udara di Palembang dan sejumlah daerah lainnya hari ini hingga beberapa hari ke depan diprakirakan mencapai 34,2 derajat Celcius atau meningkat dari sebelumnya yang hanya berkisar 25-30 derajat Celcius," kata Kasi Observasi dan Informasi Stasiun Klimatologi Kenten BMKG Sumsel, Indra Purnama di Palembang, Rabu (27/2).

Dijelaskannya, berdasarkan pengamatan melalui satelit, suhu udara akhir-akhir ini mulai terasa lebih panas dari beberapa waktu sebelumnya karena posisi matahari mendekati garis khatulistiwa.

Selain mengakibatkan suhu udara terasa lebih panas pada siang hari, posisi matahari tersebut mempengaruhi terbentuknya awan dan turunnya hujan di sejumlah kota pada sore dan malam hari, katanya.

Menurutnya, akibat  pengaruh posisi matahari mendekati garis khatulistiwa sekarang ini, sejumlah daerah di provinsi berpenduduk sekitar 8,5 juta jiwa ini kondisi cuacanya berawan hingga berpotensi hujan.

Berdasarkan data kondisi pada enam kota di Sumsel berawan dan sembilan kota lainnya berpotensi hujan ringan.

Keenam kota dari 15 kabupaten dan kota di Sumsel dengan kondisi cuaca berawan, yakni Kota Baturaja, Lahat, Muaradua, Tebingtinggi, Pagaralam, dan Lubuklingggau.

Sedangkan kesembilan kota lainnya yang diprakirakan berpotensi hujan ringan adalah Palembang, Indralaya, Kayuagung, Sekayu, Pangkalanbalai, Muara Enim, Musi Rawas, Martapura, dan Prabumulih. 



 
Diberdayakan oleh Blogger.