Kalau Si Kecil Bermain Gadget

KAYUAGUNG RADIO - Tak berbeda dengan benda-benda lainnya, gadget seperti telepon genggam, tablet, atau notebook, juga punya dampak positif dan negatif bagi Si Kecil.
Positifnya, kemampuan beradaptasi Si Kecil menjadi berkembang karena dapat mengikuti perkembangan teknologi.
Di dalamnya, ada aplikasi permainan yang membantu ia belajar seperti permainan mengenal warna dan suara atau permainan yang mengandung unsur berpikir.
Negatifnya, bermain gadget membuat Si Kecil merasa senang dan nyaman sehingga terlalu lama bermain dan kecanduan. Kalau sudah begitu, ia menjadi cenderung kurang berinteraksi dengan lingkungannya.
Dari sisi neurofisiologis, anak usia balita sebenarnya lebih baik diberi rangsangan sensorik secara langsung, seperti berinteraksi dengan temannya atau meraba benda bertekstur untuk mengoptimalkan perkembangan otaknya.
Nah, agar gadget tidak menimbulkan dampak negatif bagi Si Kecil, ikuti tip berikut ini.

Pilih permainan
Yang bisa membantu ia belajar, seperti permainan yang mengenalkan warna, suara, atau bentuk.

Batasi waktu.
Kecanduan pada gadget bisa membuatnya sulit berkonsentrasi pada dunia nyata. Karena itu, buat perjanjian untuk membatasi waktu bermain, maksimal 30 menit.

Dampingi
Saat bermain sehingga ia bisa bertanya. Anda juga bisa membantunya memilih permainan yang tepat.

Beri pengertian dan contoh 
 Beri pengertian fungsi gadget pada Si Kecil, misalnya untuk berinteraksi dengan rekan kerja atau mempermudah pekerjaan Anda. Berikan contoh mengunakan gadget dengan bijak. (ins)



(Mother & Baby Indonesia edisi Desember 2012)
Diberdayakan oleh Blogger.