Penderita Lumpuh Layu itu Kini Bisa Tersenyum

KAYUAGUNG RADIO - SENYUM yang selama teramat mahal tuk dimiliki oleh gadis bernama Ririn Astria (20) yang menderita lumpuh layu sejak balita, kini tak lagi mewarnai wajah manisnya.

Sekarang, meski malu-malu, Ririn pun bisa tersenyum lebar di antara buaian kasih sayang orang tuanya Asmari dan Ayu Cik. Sebab dengan bantuan kursi roda pemberian  Pemprov Sumsel melalui Dinas Sosial, Ririn yang selama ini hanya bisa berdiam diri di rumah, kini sudah bermain bersama teman-teman sebayanya di sekitar rumahnya.

Ayu Cik ibunya pun tak bisa menutupi rasa gembiranya yang mendapat perhatian langsung dari pemerintah. ‘’Selama bertahun-tahun, saya sulit untuk mengajak putri saya ini sekedar untuk bermain karena harus digendong. Tapi kini masalah itu tak lagi ada, karena sudah ada kursi roda. Terima kasih Pak Gubernur, semoga Bapak mendapat balasan yang setimpal,’’ aku Ayu Cik dalam rangkaian kata yang terlontar dari mulutnya.

Selama ini kehidupan Asmari (58) dan Ayu Cik (53) yang tinggal di Jl Robani Kodir Lr. Gembira Rt 17 Rw 05 No. 27 Talang Putri Darat sungguh memprihatinkan. Jangankan kursi roda, untuk makan sehari-hari saja. Sebab mengharapkan kayuhan dari hasil membecak Asmari, keluarga tersebut bagai mimpi dapat menghadirkan kursi roda bagi anaknya, Ririn. Sementara uluran tangan dari Pemkot Palembang belumlah dirasakan. Namun mimpi dan khayalan itu pun sirna, saat Tim Pemprov Sumsel bersama jajaran Dinsos terjun langsung ke pemukiman mereka seraya membawa kursi roda.

Perhatian Dinsos tak hanya pada Ririn semata, sebab di hari yang sama, mereka juga memberikan bantuan kursi roda, sembako dan baju kepada Diansyah (12) putra dari pasangan Ali Hasan (40) dan Nurhayati (39) yang juga mengalami lumpuh layu sejak balita. Bantuan langsung diantar ke kediaman mereka di Lr. Nurul Huda Rt. 20 Rw. 05 No. 93 Kelurahan Talang Putri Kecamatan Plaju Palembang.

Sebagaimana Ririn, maka Diansyah kini bisa berjalan dan bermain serta bercengkrama dengan teman-temannya.

‘’Bantuan yang kita berikan ini adalah bentuk perhatian pemerintah secara menyeluruh terhadap masyarakat yang kemungkinan selama ini tidak mendapatkan perhatian dari pemerintah setempat. Dan kami dari Dinas Sosial Provinsi selalu diingatan Bapak Gubernur Sumsel, Bapak Alex Noerdin untuk senantiasa memantau warga Sumsel yang memerlukan bantuan seperti ini,’’ tegas Kepala Dinas Sosial Sumsel Apriyadi.

Kemudian, Dinas Sosial Pemprov Sumsel juga memberikan bantuan modal usaha kepada orang tua Ririn. Bantuan uang tunai tersebut diberikan agar kedua orang tua Ririn dapat melanjutkan kehidupan sehari-hari serta mampu merawatnya. Bukan hanya itu, Apriyadi juga memaparkan bahwa ada program yang akan dicanangkan Pemprov Sumsel bagi anak-anak seperti Ririn, dengan memberikan pelajaran agar memiliki keterampilan.

Humas Pemprov Sumsel
Diberdayakan oleh Blogger.