Berlari Bisa Menyehatkan Tubuh Dengan 6 Cara Ini!!!

KAYUAGUNG RADIO -Semua orang tentu sudah tahu bahwa olahraga baik untuk kesehatan. Namun, tak banyak yang mengetahui manfaat masing-masing jenis olahraga, seperti berlari. Penelitian mengungkap bahwa berlari bisa mengurangi risiko obesitas, diabetes tipe-2, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, stroke, dan kanker.
Berikut adalah beberapa manfaat berlari yang bisa menyehatkan tubuh, seperti dilansir oleh Today Health (06/08).

1. Membuat bahagia

Berlari ternyata bisa membuat mood seseorang menjadi lebih baik. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2006 dan diterbitkan dalam MEdicine & Science, menemukan bahwa 30 menit berjalan dan berlari bisa meningkatkan mood dan menghilangkan stres. Begitu juga penelitian tahun 2013 yang mengungkap bahwa aktivitas fisik seperti berlari bisa mengobati depresi.

2. Mengurangi berat badan
Berolahraga dengan cara berlari membantu Anda membakar lemak dan kalori. Bahkan setelah berlari dan berolahraga, proses pembakaran masih terus berjalan. Anda tak harus berlari dengan cepat karena bahkan berlari dengan kecepatan sedang juga bisa membakar banyak lemak.

3. Memperkuat otot dan tulang
Berlari bisa meningkatkan masa otot dan membantu mencegah pengeroposan tulang karena usia. Beberapa orang mempercayai bahwa berlari buruk untuk lutut. Padahal faktanya, berlari justru baik untuk kesehatan lutut, seperti diungkap dalam penelitian di Boston University.

4. Menajamkan otak
Sebuah penelitian yang dilakukan pada Desember 2012 mengungkap bahwa olahraga secara teratur,

5. Menurunkan risiko kanker
Berlari memang tak bisa menyembuhkan kanker, namun terdapat beberapa bukti penelitian bahwa berlari bisa mencegah kanker. Penelitian dalam Journal of Nutrition menunjukkan bahwa olahraga teratur bisa menurunkan risiko kanker, serta meningkatkan kualitas hidup ketika melakukan kemoterapi.

6. Membuat umur panjang
Penelitian mengungkap bahwa orang yang rajin berolahraga lebih berkemungkinan berumur panjang. Orang yang merokok namun rajin olahraga akan memiliki usia lebih panjang 4 tahun, sementara orang yang tak merokok bisa berusia tiga tahun lebih lama.

Nah, itulah beberapa manfaat berlari untuk kesehatan. Tak hanya membuat tubuh sehat, berlari ternyata juga bisa membuat otak dan tubuh menjadi lebih sehat dan kuat.
Sumber : Merdeka.com

Diberdayakan oleh Blogger.