OKI akan Jadi Penopang Lumbung Pangan Nasional

KAYUAGUNG RADIO - Menteri Pertanian RI, DR. Ir. H. Suswono, MMA yakin Kabupaten OKI akan menjadi salah satu penyokong lumbung pangan nasional seiring dengan produktivitas padi serta luasnya potensi pertanian di Kabupaten OKI.

“Saya yakin dengan produktifitas padi ditambah dengan luasnya lahan cetak sawah baru yang baru saja kita tanam tadi Kabupaten Ogan Komering Ilir akan menjadi salah satu penopang lumbung pangan nasional” Demikian dikatakan. Suswono, saat melakukan penanaman pada lahan cetak sawah baru di Desa Tanjung Aur Kecamatan Jejawi Kabupaten Ogan Komering Ilir bersama Panglima TNI Jendral Moeldoko, Kasad, Jendral TNI Budiman, Sekda Sumsel, Pangdam II Sriwijaya dan Bupati OKI H. Ishak Mekki, Selasa (17/9/13).

Kabupaten Ogan Komering Ilir merupakan salah satu penyumbang produksi beras terbesar di Provinsi Sumatera Selatan. Seiring dengan semakin tingginya tingkat produktifitas padi di wilayah ini.

“Pada tahun 2012 kita mampu menyumbang sebanyak 580.119 ton beras. Tahun 2011 produksi padi kita telah melebihi target yang telah ditetapkan pemerintah, dengan peningkatan produktivitas sebesar 5%. Dan target produksi beras kita padatahun 2013 sebesar 620.078 ton atau meningkat 6% dari tahun 2012” ungkap Bupati OKI H. Ishak Mekki

Program cetak sawah Cetak sawah seluas 100 Ha di Kecamatan Jejawi ini merupakan kerjasama Kementerian Pertanian dengan TNI Angkatan Darat dan pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Panglima TNI Jenderal Moeldoko menegaskan bahwa prajurit TNI selalu siap membantu masyarakat dalam memperkuat ketahanan pangan.

"Jajaran TNI akan bekerja keras membantu masyarakat memberikan semangat dan turun langsung ke lapangan," tegasnya seraya menyebutkan bahwa dengan semakin luasnya lahan sawah di Indonesia maka program swasembada beras nasional tahun 2014 akan tercapai.

Pada kesempatan ini Menteri Pertanian RI bersama Panglima TNI, Kasad dan Pangdam menyerahkan bantuan berupafiber untuk lahan pasang surut sebanyak 135.000 meter.Bantuan brigade tanam, berupa handtraktor sebanyak 50 unit.Bantuan PUAP untuk 7 gapoktan dan bantuan 1800 paket sembako.


Diberdayakan oleh Blogger.