Jema’ah Haji OKI Segera Tuntaskan Lontar Jumbroh

KAYUAGUNG RADIO - Labbaik Allahumma Labbaik, Labbaik Laa Syariika Laka Labbaik Seperti dilaporkan sebelumnya jamaah OKI diberangkatkan menuju arofah utk melaksanakan wukuf pada hari Minggu (13/10/13), karena padatnya lalu lintas pengangkutan jamaah maka jamaah kloter 16 baru diangkut dg bus oleh petugas  maktab pukul 13.00 WAS. Tiba di arofah sekitar pukul 14.00 dan jamaah oki langsung menempati tenda di maktab 31. Satu orang jamaah atas nama Darwaty binti H. Lukman  asal Desa Anyar difasilitasi safari wukuf menggunakan ambulance.

Dua ratus orang  jamaah OKI bermalam di padang arofah bergabung dengan 159 jamaah lainnya dlm kloter 16. Sungguh suasana yg sangat menyita energi spiritual mulai terasa melanda semua jamaah. Siang harinya senin (14/10) bertepatan dg tgl 9 zulhijjah tepat pukul 11.00 WIB prosesi wukuf pun di mulai. Di awali dg sambutan atas nama ketua kloter 16, karena kondisi kesehatan ketua kloter H. Ahmad fauzi yg kurang baik saat itu, sambutan an kloter disampaikan langsung oleh Edward Candra. Dalam sambutannya edward menghimbau dan mengajak jamaah kloter 16 yg berjumlah 360 org utk memanfaatkan detik2 wukuf ini dengan baik. Berzikir, bermuhasabah, dan berdoa.

Mendoakan org tua, guru, pemimpin, anak istri/suami, tetangga, keluarga, sahabat, atau teman yg menitipkan doa kepada kita. Serta mendoakan kebaikan untuk kita sendiri tentunya. 
Kemudian dilanjutkan dg khotbah wukuf yg disampaikan oleh H.muzakir dan sholat Zuhur Ashar Jamak Qosor diimami oleh H.Imam Royani. Dirangkai dg zikir dipimpin jamaah secara bergantian dan ditutup dg doa yg pimpin oleh H.  Munawir dan johan safri. Benar2 suasana haru dan derai air mata membasahi wajah semua jamaah. Tak terbendung manakala saat untaian doa dipanjatkan. Allahuakbar allahuakbar allahuakbar. Segala puji bagi Allah semoga merahmati dan memberikan predikat haji yang mabrur kepada 360 org jamaah haji kloter 16.

Setelah selesai melaksanakan Sholat Magrib dan Isya jamah Qosor, di tenda Arofah, selanjutnya jamaah Oki yg sudah menyandang haji dan hajjah diberangkatkan menuju musdalifah untuk melaksanakan mabit dan sekaligus mencari batu/kerikil utk melontar jamarot. Pukul 12.30 WAS tgl 10 Zulhijjah, jamaah oki diberangkan menuju Mina dan langsung ditempatkan di tenda maktab 31. Pukul 02.00 WAS jamaah haji OKI dipandu oleh petugas maktab berjalan kaki utk melontar jamarot. Dini hari itu jamaah oki berjalan sambil mengumandangkan takbir, mengagungkan kebesaran Allah, tak terasa berjalan kaki hampir 5 km karena maktab tidak mengarahkan melalui terowongan mina yg saat itu sangat padat.

Subuh nya jamaah haji selesai melontar jumrotul aqobah, dan langsung melaksanakan tahalul.
Keesokan harinya secara berurut turut tgl 11 dan 12 zulhijjah. jamaah haji oki melontar berangkat sebelum subuh, karena siang hari cuaca sangat panas dan terik, jamaah sholat subuh di perjalanan. Berbeda dg hari pertama, kali ini melewati terowongan mina. Sesuai rencana jamaah kloter 16 akan melaksanakan nafar tsani, dengan demikian tgl 13 zulhijjah atau bertepatan dg jumat 18 oktober 2013 masih akan melaksanakan melantor 1 kali lagi. Sebelum diberangkatkan kembali ke penginapan di misfalah, Mekkah. Hingga laporan ini dikirimkan tercatat dua lagi jamaah yang sakit, satu orang atas nama Rusminah binti Husin asal Menang Raya yg mengalami sesak nafas sudah dibawa oleh dokter TKHI dan dirawat di Markas Misi Haji Indonesia. Dan satu lagi atasnama Mahmudi bin Kabul asal Desa Balian Makmur merupakan anggota KBIH Multazam pimpinan  Ust. Munawir, yg terakhir masih dirawat oleh dokter di tenda Maktab Mina
Laporan oleh: Drs. Edwar Candra (TPHD) Kabupaten OKI

Diberdayakan oleh Blogger.