Polres OKI Gelar Oprasi Zabra

KAYUAGUNG RADIO - Polres Ogan Komering Ilir melaksanakan Operasi Zebra Toba selama 14 hari untuk menekan jumlah kecelakaan dan meningkatkan kelancaran lalu lintas di daerah Ogan Komering Ilir. operasi ini mengarah kepada penanganan pelanggaran melawan arus, serta kendaraan yang menaikkan dan menurunkan tidak di tempatnya.
dalam penanganan pelanggaran tersebut, polisi akan menggunakan tindakan preventif yang merupakan tindakan pencegahaan sebelum pengendara melakukan pelanggaran dan tindakan preemtif yakni menekankan pada pengimbauan.

Kapolres Ogan Komering Ilir AKBP Erwin Rachmat SIK melalui Kasat Lantas AKP Tamimi SH mengatakan Operasi tersebut dilaksanakan dalam rangka penegakan hukum dalam berlalu lintas dengan mengedepankan kegiatan penegakan hukum berupa penindakan terhadap berbagai pelanggaran di jalan raya. Penindakan itu dilakukan untuk mengurangi berbagai jenis pelanggaran yang berpotensi dapat mengakibatkan kecelakaan lalu lintas.

Operasi tersebut dilakukan dengan tiga pola ''Polanya 10 persen Preemtif, dan 10 persen Preventif dan 80 persen penegakan hukum, yang keseluruhannya bertujuan untuk mewujudkan keamanan, ketertiban, dan kelancaran berlalu lintas. Pola preemtif dilakukan dengan melakukan penindakan terhadap kejahatan bermotor. Sedangka pola preventif meliputi pengaturan, penjagaan,pengawalan, dan patroli di jalan raya.


Untuk mendukung kesuksesan operasi itu, pihaknya mengerahkan 60 personel yang terdiri 40 anggota Satlantas dan 20 Angota Sabara Dengan tujuan menurunnya jumlah kecelakaan lalu lintas yang dapat menimbulkan korban tewas, luka berat dan luka ringan,  meningkatnya disiplin pengguna jalan, dan terciptanya kepercayaan masyarakat terhadap Polri.


Selain meningkat kesadaran berlalu lintas, operasi tersebut juga upaya untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif menjelang Natal 2013  dan Tahun Baru 2014.yang sebelumnya dilaksanakan gelar pasukan pada Kamis (28/11) di Lapangan Polres Ogan Komering Ilir
Diberdayakan oleh Blogger.