Kolaborasi Ricky Martin Bersama Judika, Alif Satar, and Sezairi Dalam Lagu "VIDA"

KAYUAGUNG RADIO - Tinggal menghitung hari menuju perhelatan akbar dunia yaitu FIFA World Cup 2014. SONY sebagai partner resmi FIFA World Cup, dengan bangga mempersembahkan “VIDA”, sebuah lagu pemenang dari SuperSong, sebuah kompetisi cipta lagu global bergengsi, yang memberikan kesempatan kepada para siapa pun di seluruh dunia untuk berpartisipasi dalam membuat lagu untuk official soundtrack FIFA World Cup 2014. Antusiasme publik untuk mengikuti kontes ini sangat tinggi, terbukti ada sekitar dua ribu lagu yang masuk. 

Pada 8 Januari 2014, terpilih 20 puluh lagu yang masuk semi-final, yang telah diseleksi oleh juri yang kompeten. Penilaian didasarkan pada kualitas musik, lirik, dan juga kaitan dengan tema dan spirit dari FIFA World Cup. Dan yang lebih utama lagi adalah penilaian apakah lagu tersebut mengandung potensi untuk menjadi global hit. Setelah melewati tahap penyeleksian dengan ketat baik melalui juri dan online voting,  yang ditunggu-tunggu pun tiba.  10 Februari 2014 diumumkan siapa yang berhak menyandang predikat Grand Prize Winner. Dan terpilihlah “VIDA”, lagu karya Elijah King, musisi asal Amerika Serikat keturunan Puerto Rico yang beberapa kali masuk Billboard Latin Charts,   sebagai pemenang SuperSong.


Ricky Martin,  superstar latin ini yang namanya tidak asing dalam perhelatan FIFA World Cup didaulat untuk membawakan lagu Vida ini. Ricky Martin selama ini dikenal akan kesuksesannya 

menyanyikan the official song of the 1998 FIFA World Cup berjudul “The Cup of Life” (La Copa De La Vida). Lagu ini menjadi hit dan menjadi favorit baik tua maupun muda, bahkan anak-anak.

“Sungguh menyenangkan ketika Sony Music selaku label saya dan FIFA mengajak saya bekerja sama kembali  dalam proyek World Cup. Siapa yang menolak ketika mendapatkan kesempatan untuk membuat sinergi antara musik dan olahraga, menembus batas dan bisa mempersatukan dunia dalam ajang yang menakjubkan. Ini fantastis,” kata Ricky Martin. 

“SuperSong itu sebuah proyek yang inovatif. Dan saya beruntung menjadi bagian dari proyek keren ini. SuperSong saya yakini akan mengubah dunia musik. Vida terpilih sebagai juara, karena melodi dan pesan yang terkandung dalam liriknya sangat kuat, serta berpotensi untuk menembus batas bahasa dan pasar musik. Lagu ini sangat menarik. Ada unsur tropikalnya, dengan adanya aksen karibia dalam aransemennya, ada sentuhan Afrika. Lagu ini seperti ‘racun’, siapaun yang mendengarkan pasti bakal jatuh cinta,” jelasnya lagi. 

Bagi Ricky Martin, keindahan dari musik itu tidak hanya terletak pada musik itu sendiri, tetapi juga kesempatannya untuk dinikmati secara universal. Dan sejak terjun di industri musik dari dulu, Ricky Martin mempunyai semacam prioritas bahwa musik dan lagu yang dibawakan itu selayaknya dapat menyatukan kultur dari belahan dunia manapun. Baginya, lagu Vida yang sangat berpotensi ini akan lebih maksimal kekuatannya jika dibawakan dalam berbagai bahasa. Vida yang musiknya diproduksi oleh Salaam Remi, musisi yang dikenal handal dalam menangani musik dari The Fugees, Amy Winehouse, dan Nas sudah direkam dalam bahasa Inggris, Spanyol, dan Portugis. Juga Spanglish (Spanish & English).
VIDA – Asian Version
Kabar gembira bagi pencinta musik di Indonesia, Malaysia, dan Singapura karena khusus di tiga negara tersebut lagu “Vida” diluncurkan secara spesial, dimana Ricky Martin berkolaborasi dengan 3 penyanyi kenamaan yaitu Judika (Indonesia), Alif Satar (Malaysia), dan Sezairi (Singapura).  Suatu kehormatan dan kebanggaan buat tiga negara tersebut untuk bisa mempersembahkan lagu “Vida”, sebagai satu-satunya versi kolaborasi.  

“Saya sudah bekerja sama dengan berbagai musisi dari manapun. Dan sekarang berkesempatan berkolaborasi dengan penyanyi dari Asia seperti Judika, Alif Satar, dan Sezairi tentunya hal yang menyenangkan. Kita bisa bertukar ide dan dapat membawa lagu ini pada tingkatan yang berbeda,” ungkapnya. 

“Saya tersanjung dan tentu saja gembira dapat mewakili Asia bersama dengan Alif Satar dan Sezairi untuk terlibat dalam project maha besar ini, apalagi mendapat kesempatan bekerja sama dengan penyanyi yang saya kagumi, Ricky Martin. Lagu Vida itu sangat powerful dan memberikan spirit buat siapa saja yang mendengarkan,” kata Judika.


“Saya bangga dapat berkolaborasi dalam lagu Vida ini. Ricky Martin adalah superstar. Sementara Judika dan Sezairi adalah penyanyi yang tak kalah kuatnya. Let’s unite together in one song for the World Cup and let’s have fun!” kata Alif Satar. 


“Senang banget bisa bekerja sama dengan Ricky Martin, Alif Satar, dan Judika. Saya menyukai musik pop latin dan penggemar berat Ricky Martin,” kata Sezairi. “Yang saya paling suka adalah dapat kesempatan memberikan rasa Asia melalui lirik dalam bahasa Melayu dan Indonesia,” lanjutnya lagi. 

Vida baik dalam versi Spanglish maupun dalam versi Asia dapat dinikmati dalam 2014  World Cup Official Album berjudul “One Love, One Rhythm,” yang segera dirilis oleh Sony Music pada 12 Mei mendatang. Album ini akan menampilkan 16 lagu plus beberapa bonus track. Di dalamnya akan menampilkan lagu-lagu keren seperti Pitbull feat. Jennifer Lopez & Claudia Leitte berjudul We Are One (Ole Ola) sebagai The Official 2014 FIFA World Cup Song. Ada juga lagu dari Santana & Wycleff feat. Avicii & Alexandre Pires berjudul Dar Um Jeito (We Will Find A Way) sebagai The Official 2014 FIFA World Cup Anthem. Tak ketinggalan Aloe Blacc X David Correy dalam lagu The World Is Ours (Coca Cola 2014 World’s Cup Anthem). Yang pasti kemeriahan perhelatan empat tahunan yang selalu ditunggu-tunggu bakal lebih semarak dengan kehadiran album “One Love, One Rhythm” ini.

Tentang  Ricky Martin

Enrique "Ricky" Martín Morales  (lahir pada 24 Desember 1971) adalah penyanyi, musisi, dan bintang film berdarah Puerto Rico. Pria ganteng ini dikenal luas akan hitnya yang bertitel “"Livin' la Vida Loca", the official song of the 1998 FIFA World Cup, yang bertengger di posisi #1 puncak tangga lagu di seluruh dunia. Ricky Martin termasuk dalam jajaran musisi yang berpengaruh. Karirnya yang terentang lebih dari tiga dedake telah melahirkan kesuksesan yang gemilang. Diantaranya adalah album-albumnya yang terjual lebih dari 70 juta kopi di seluruh dunia, meraih 95 X Platinum Records, 2 American Music Awards, 6 X Grammy Awards, 8 World Music Awards, 10 Billboard Awards, 8 MTV Music Awards. Konser musiknya yang sudah dilakukan di lebih dari 60 negara selalu laris.

Ricky Martin adalah pendiri dari Ricky Martin Foundation, organisasi nirlaba, yang memberikan perlindungan kepada anak-anak. Kegiatan sosialnya ini membawanya memperoleh berbagai penghargaan antara lain  International Humanitarian Award by the International Centre for Missing & Exploited Children.

Tentang Judika

Judika adalah salah satu penyanyi solo terbaik yang dimiliki oleh Indonesia. Ia telah malang melintang di panggung musik selama lebih dari dua dekade. Prestasi dari runner up Indonesian Idol tahun 2005 ini telah mengantarkannya meraih berbagai penghargaan baik di Indonesia maupun manca negara seperti Anugerah Planet Muzik Singapore dan Anugerah Industri Muziek Malaysia. Albumnya One (2006), Setengah Mati Merindu (2010), Judika Mencari Cinta (2013) berturut-turut telah membukukan penjualan yang fantastis baik dari segi fisik maupun digital. Lagu-lagunya sudah diunduh hingga jutaan download, RBTnya di #1  di semua operator, dan masuk dalam top #10 iTunes. Ia membukukan 1,6 juta total download untuk album “Setengah Mati Merindu”, 1,2 juta download untuk single “Aku Yang Tersakiti,”

Tahun 2014 menjadi tahun bermakna bagi Judika karena dia menjalin kerja sama dengan jajaran penyanyi kelas dunia. Judika melakukan writing camp secara khusus di Swedia pada Januari 2014 lalu untuk albumnya yang dijamin akan bercita rasa internasional.


Tentang Alif Satar
Ada pepatah bahwa bintang sejati itu dilahirkan dan bukan dibuat. Kilaunya akan terus abadi. Pepatah ini tepat untuk seorang Alif Satar, bintang yang sekarang sedang bersinar terang di industri hiburan Malaysia. Di tahun 2006, saat dia berumur 16 tahun, talentanya dalam berolah vokal dan aksi panggung mengantarnya dalam ajang reality show berjudul One in A Million, dan sukses sebagai runner up. Alif Satar saat ini sedang sibuk dengan album barunya yang berjudul Definisi, album ketiganya yang dirilis di Sony Music. Album ini menampilkan 7 lagu berbahasa Melayu yang merupakan hasil kolaborasinya dengan komposer dan produser handal Malaysia. Dan satu lagu berbahasa Inggris berjudul Sliding Doors, yang diproduseri oleh musisi yang menggarap album One Direction dan Britney Spears.


Tentang Sezairi
Sezairi adalah pemenang dari Singapore Idol musik ke-3. Gayanya yang santai ala ‘the boy-next-door’ justru mempesona banyak orang. Dibalik penampilan kasualnya, Sezairi adalah musisi piawai dan mempunyai gaya manggung yang keren. Bulan Agustus 2013 lalu, ia merilis single berjudul “Sayang” bertepatan dengan hari ulang tahunnya. Lagu ini mendapat respon yang bagus dan masuk di airplay di Singapura, Malaysia, bahkan  hingga kota Bandung. Lagu Sayang menjadi pembuktian bahwa Sezairi tidak hanya jago bernyanyi tetapi juga mempunyai kemampuan yang ok dalam mencipta lagu dan memproduksi lagu. Bergabung dengan Sony Music, dan menjadi salah satu artis Fender, saat ini ia sedang mempersiapkan album keduanya yang akan dirilis tidak lama lagi di tahun 2014. 
Diberdayakan oleh Blogger.