Yuk, Buat Hand Sanitizer Dari Bahan-Bahan Alami!

KAYUAGUNG RADIO - Ketika musim flu dan pilek melanda, kita mungkin menjadikan tisu dan pembersih tangan (hand sanitizer) sebagai tameng atau pelindung diri dari penyakit tersebut. Tapi, tahukah Anda bahwa kandungan yang terdapat di pembersih tangan instan bisa membuat bakteri resisten?

Dilansir dari mom.me, Dr. Lawrence Rosen seorang dokter spesialis anak dan penulis Treatment Alternatives for Children menyatakan bahwa pembersih tangan instan juga memiliki efek hormonal dan sistem imun. Tapi, tak perlui khawatir, kita masih bisa membuat pembersih tangan dari bahan-bahan alami yang lebih aman.

1. Menggunakan Cuka
Cuka memiliki kandungan anti bakteri yang bisa membunuh 99 persen bakteri. Selain itu, cuka juga tidak beracun, tak menimbulkan polusi, dan tidak berbahaya juga jika termakan. Untuk menggantikan pembersih tangan instan, Anda bisa bawa sebuah botol kecil yang berisi cuka dengan sedikit campuran air. Menggunakannya pun cukup mudah, Anda hanya tinggal meneteskan cuka ke tangan Anda dan oleskan merata. 

Apakah tidak berbau? Pada dasarnya, bau cuka yang tajam akan hilang dengan cepat dan membuat tangan Anda bersih seketika. Tetapi jika Anda tidak suka dengan baunya, Anda bisa tambahkan beberapa tetes minyak lavender atau lemon.

2. Campuran Bahan-Bahan Alami
Beberapa bahan alami ini jika dicampurkan akan menjadi pembersih tangan yang ampuh. Bahan-bahannya antara lain 150 cc air, 1 sendok teh gel lidah buaya, 2 tetes larutan kayu manis, 2 tetes larutan cengkeh, 2 tetes larutan bunga rosemary, dan 2 tetes minyak kayu putih, lalu 5 tetes minyak lemon. Masukkan semua bahan tersebut ke dalam sebuah botol.

Kayu manis, cengkeh, bunga rosemary, dan minyak kayu putih memiliki kandungan anti mikroba. Mencampurkan bahan-bahan tersebut dan menjadikannya sebagai pembersih tangan alami sangat efektif untuk membunuh kuman. Jika Anda merasa kesulitan mencari semua bahan tersebut, Anda bisa pilih satu dari sekian bahan tersebut. 

Ladies, agar kebersihan tangan dan seluruh tubuh Anda tetap terjaga, usahakan untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Mencuci tangan juga tidak cukup jika hanya dengan air saja, usahakan untuk menggunakan sabun khusus untuk mencuci tangan. Ingin pengganti sabun cuci tangan yang lebih alami? Anda bisa coba mencuci tangan Anda dengan air yang sudah dicampur dengan perasan jeruk lemon.


(c) vemale.com
Diberdayakan oleh Blogger.