Berapa Lama Sebaiknya telur Disimpan Dalam Kulkas

KAYUAGUNG RADIO - Siapa yang tidak suka dengan makanan sederhana penuh protein sehat bernama telur? Kecuali jika kamu alergi, makan telur mampu membuatmu kenyang karena bisa memberikan asupan energi dan nutrisi yang cukup di pagi hari. Telur juga memiliki banyak manfaat kesehatan dan kecantikan.
Itulah mengapa banyak orang membeli banyak telur sekaligus untuk persediaan di rumah. Selain karena telur tidak mudah basi, juga lebih mudah jika beli dalam jumlah banyak. Tapi kamu juga perlu memperhatikan masa kelayakan telur. Telur, bagaimana pun, merupakan bahan makanan mentah yang bisa basi. Jika tidak jeli, telur yang terlalu lama disimpan akan basi dan mengeluarkan bau yang tak sedap.
Lalu berapa lama sebaiknya menyimpan telur di rumah? Lakukan hal-hal berikut ini.
  1. Jika membeli di pasar, yang pastinya tak akan ada tanda kadaluarsanya dan tidak tahu berapa lama telur itu sudah ada di toko, maka simpan telur tidak lebih selama 5 minggu di rumah.
  2. Simpan di bagian dalam rak atas kulkas, di bagian yang dingin, sehingga tahan lama. Jangan menaruh telur di pintu kulkas, meski sudah ada rak untuk telur di situ. Menurut penelitian, justru telur akan mudah basi jika ditaruh di pintu kulkas karena tidak terkena udara kulkas dengan baik.
  3. Telur ayam yang baik bisa dites dengan cara mencelupkannya ke dalam segelas air. Jika telur mentah tenggelam, tandanya masih baik, masih layak dikonsumsi. Jika mengapung, segera buang.
  4. Simpan telur di kardus karton, karena selain aman dari benturan benda lain di kulkas, telur juga tidak lembab karena karton bisa menyerap lembab dan memberi sirkulasi udara yang baik.
Nah, itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan jika membeli telur banyak dan ingin telur tahan lama di rumah. Selalu perhatikan kelayakan telur sebelum memasaknya ya OBMM.

Diberdayakan oleh Blogger.