Makanan yang Bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kayuagung - Tekanan darah tinggi adalah salah satu gangguan penyakit yang umum diidap banyak orang pada saat ini. Penyebabnya bisa jadi karena konsumsi makanan berasa asin yang semakin marak ditemui. Hal ini disebabkan karena beberapa penelitian telah menemukan bahwa makanan tinggi garam dan lemak memainkan peranan utama dalam menaikkan tekanan darah.

Bagi OBMM yang merasa bahwa tekanan darah Anda cukup tinggi, sebaiknya Anda memperbanyak makanan tinggi mineral seperti kalsium, magnesium, dan kalium yang secara alami mampu melebarkan pembuluh darah Anda. Selain itu dilansir dari boldsky.com, berikut adalah beberapa makanan enak yang secara efektif mampu menurunkan tekanan darah.

Dark chocolate
Dark chocolate kaya akan flavonoid. Zat ini terkenal dapat melebarkan pembuluh darah sehingga mampu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Bit
Bit adalah salah satu contoh makanan terbaik yang mampu mengurangi tekanan darah secara efektif. Hal ini disebabkan karena bit tinggi akan nitrat, zat alami yang mampu menurunkan tekanan darah. Minum segelas jus bit secara teratur sangat bermanfaat bagi Anda yang menderita hipertensi.

Kentang panggang
Penelitian menunjukkan bahwa kalium, magnesium dan kalsium adalah sederetan mineral yang diperlukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Dan kentang panggang adalah pilihan yang sempurna untuk mendapatkan semua mineral ini.

Serealia
Sereal sehat ternyata tak bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan. Sebab mengonsumsi makanan kaya serat ini juga mampu mengurangi tekanan darah tinggi Anda.

Yogurt
Selain mampu menyehatkan sistem pencernaan, konsumsi yogurt dapat membantu penderita hipertensi untuk menurunkan tekanan darah. Hal ini disebabkan karena secangkir yogurt mengandung 49% kalsium, 12% magnesium, dan 18% kalium yang semuanya bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah.

Jadi, daripada konsumsi obat-obatan mengandung bahan kimia lebih baik konsumsi makanan enak di atas untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Sumber : Merdeka.com
Diberdayakan oleh Blogger.