Yang Suka Mengkonsumsi Pisang ? Ini Manfaatnya

Kayuagung - Buah favorit monyet ini punya sejuta manfaat untuk tubuh. Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan, pisang juga kaya akan khasiat kecantikan.Obmm bisa memanfaatkan buah ini untuk merawat seluruh tubuh. Bagaimana caranya?

Berikut ini beberapa cara memanfaatkan buah pisang untuk kecantikan rambut, wajah, tubuh, dan kaki yang kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Masker untuk rambut kering dan rusak

Rambut kamu kering, kusam, bercabang, dan rapuh? Mungkin rambut kamu terlalu sering bersentuhan dengan bahan kimia atau hair styling product. Atasi dengan masker rambut dari pisang dan minyak almond. Vitamin A dan C dalam dalam pisang bersama dengan Vitamin E dari minyak almond akan memberikan nutrisi ekstra untuk rambut rusak dan mengembalikan kesehatannya jika dipakai secara rutin.

Campurkan daging 1 buah pisang yang sudah dilumatkan dengan beberapa tetes minyak almond. Aplikasikan di seluruh bagian rambut, dari akar hingga ujung, kemudian biarkan selama 10 hingga 15 menit.

2. Masker wajah

Pisang mengandung banyak vitamin C yang dapat menjadikan kulit bercahaya alami. Buatlah masker yang terdiri dari daging 1 buah pisang yang sudah dihaluskan dan 1 sendok makan perasan jeruk lemon. Oleskan di wajah Anda dan diamkan selama 30 menit. Masker ini juga dapat menyamarkan bintik hitam di wajah akibat paparan sinar ultra violet.

3. Masker penyegar mata lelah

Pisang bisa dimanfaatkan untuk merawat mata yang sembab karena kelelahan. Kandungan potasium yang tinggi pada buah pisang mampu mengurangi kelebihan cairan yang tersembunyi di jaringan kulit.

Haluskan setengah buah pisang kemudian oleskan di daerah sekitar mata. Biarkan selama 15 atau 20 menit, kemudian bilas hingga bersih. Mata yang sembab akan tampak dan terasa lebih segar.

4. Kulit pisang untuk hilangkan kutil

Jangan buang kulit pisang yang sudah dimakan, sebab, kulit pisang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan kutil. Coba tips berikut ini. Tempelkan bagian dalam kulit pisang pada kutil, lalu diamkan semalaman.

5. Scrub pisang
Angkat sel kulit mati di tubuh dengan scrub pisang caranya : Haluskan 1 buah pisang, campur dengan 3 sendok teh gula pasir dan minyak esensial favoritmu. Gunakan setelah mandi, lalu bilas dengan air hangat.

6. Lulur pisang
Kulit kamu kering dan kusam? Jadikan lembut dan sehat dengan lulur pisang. Aplikasikan daging 1 buah pisang yang sudah dilumatkan (bisa ditambah madu) pada kulit tubuh. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

7. Pelembut tumit

Tumit yang kasar dan pecah-pecah juga bisa dihaluskan kembali dengan pisang. Simak tips berikut. Haluskan satu buah pisang matang dan oleskan pada tumit yang pecah-pecah. Biarkan selama 10 menit dan kemudian bilas dengan air dingin. Lakukan ini setidaknya sekali setiap hari sampai kaki lembut.

Catatan: Gunakan pisang ambon atau pisang kepok yang pas kematangannya

Sumber : Merdeka.com
Diberdayakan oleh Blogger.