Tahukah OBMM Ternyata tanaman dapat mendengar saat dirinya dikunyah

Kayuagung - Menurut laporan terbaru yang daru University of Missoury, Columbia mereka menemukan bahwa tanaman memiliki tanggapan saat mereka mendengar dirinya sedang dikunyah. Meskipun penelitian sebelumnya menemukan bahwa pertumbuhan tanaman dapat dipengaruhi oleh hal-hal tertentu seperti sentuhan dan angin.

Para peneliti mengatakan bahwa sinyal getaran yang muncul saat tanaman dikunyah membuat perubahan metabolisme dalam sel tanaman. Tanaman menciptakan bahan kimia yang yang lebih defensif dan mampu mengusir serangan ulat. Pada dasarnya tanaman dalam penelitian ini mampu mendengarkan dirinya sendiri ketika sedang dilahap oleh pemangsanya, yaitu ulat.

Dengan menggunakan mikrofon laser khusus, para ilmuwan mampu merekam getaran dan suara ulat yang sedang mengunyah daun tanaman. Dengan rekaman terebut, para ilmuwan menganalisis kondisi tanaman sebelum ulat memiliki kesempatan untuk melahapnya.

Ternyata ketika ulat mengeluarkan getaran saat sedang mengunyah, tanaman bereaksi dengan memproduksi minyak mustard, yaitu minyak yang sangat dibenci ulat. Mengetahui bagaimana tanaman mendeteksi dan menanggapi suara saat sedang dikunyah ini setidaknya memberitahu kita memahami cara tanaman membela dirinya dari serangan hama.

Sumber : google.com
 
Diberdayakan oleh Blogger.