Iskandar, SE Resmikan Kampung Siaga Bencana Di Desa Pangkalan Lampam

Kayuagung - Dinas Sosial Kabupaten OKI membentuk kampung siaga bencana di desa Pangkalan Lampam Kecamatan Pangkalan Lampam Kabupaten OKI.(3/12/2015) Desa Pangkalan Lampam merupakan daerah rawan bencana dan telah menjadi lokasi pendamping dalam rangka penanggulangan bencana berbasis masyarakat, sehingga diharapkan masyarakat dapat mandiri dalam menghadapi bencana dan menunjang tugas-tugas penanggulanan bencana di daerah Kabupaten OKI.

ssPembentukan Kampung Siaga bencana langsung di resmikan oleh Bupati OKI Iskandar, SE dan turut hadir dalam acara tersebut Asisten II Provinsi Sumatera Selatan Ir. Ruslan Bahri, Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementrian sosial RI diwakili kasubdik tanggap darurat Iyan Kusumadinata, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan daerah OKI, Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumatera Selatan, Para Kepala Dinas Sosial Kabupaten/Kota seprovinsi SumSel, FKPD, SKPD, Ketua TP PKK Kab. OKI Lindasari, SE, Camat Pangkalan Lampam, para kepala desa sekecamatan Pangkalan Lampam, toko masyarakat, toko agama, tagana Kabupaten/Kota seSumSel, para pelatih/instruktur, peserta pelatih dan penyuluhan serta masyarakat desa Pangkalan Lampam.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten OKI Muhammad Amin, S.Pd,M.M Mengatakan, “Maksud dan tujuan kegiatan kampung siaga berncana ini dimaksudkan untuk membekali masyarakat tentang pengetahuan penanggulangan bencana bidang bantuan sosial berbasis masyarakat sejak perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian agar memiliki kemampuan melakukan berbagai hal yang berkaitan dengan pengurangan ancaman, resiko dan dampak bencana secara mandiri”.

Kegiatan yang sudah berlangsung sejak tanggal 1 sampai tanggal 3 Desember 2015 ini di sambut antusias oleh seluruh masyarakat yang ada di desa Pangkalan Lampam, apalagi desa Pangkalan Lampam salah satu desa yang sulit di jangkau dan rawan bencana. 

Sedangkan tujuan diadakannya kampung siaga bencana agar terlatihnya tenaga lokal penanggulangan bencana yang memiliki kompetensi, terorganisir dan terwadahnya upaya penanggulangan bencana yang dilakukan masyarakat, serta tersusunya tata kelola penanggulangan bencana di tingkat lokal yang bersatu dengan sistem penaggulangan bencana bidang bantuan sosial nasional” Ujar M. Amin.
 



Diberdayakan oleh Blogger.