Panen Raya di OKI, Dukung Kedaulatan Pangan Nasional

Panen Raya di OKI, Dukung Kedaulatan Pangan Nasional
Kayuagung - Bupati OKI Iskandar SE melalui Asisten II Setda OKI Heri Susanto melakukan panen raya di Desa Belida Kecamatan Lempuing Jaya dan Desa Cahaya Maju Kecamatan Lempuing Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumatera Selatan.

Hadir pada acara tersebut, Staf Ahli Kementrian Pertanian, Komandan Kodim 0402/OKI-OI, Letkol Kav Dwi Irbaya Sandra, S.Sos, Kepala Dinas Pertanian OKI Syarifudin SP MSi, para Camat, KUPTD Pertaniaan Kec Lempuing dan Lempuing Jaya, para Kades serta masyarakat petani Lempuing dan Lempuing Jaya. 
Panen Raya di OKI, Dukung Kedaulatan Pangan Nasional
Bupati OKI Iskandar SE melalui Asisten II Setda OKI Heri Susanto mengatakan, Kabupaten OKI merupakan salah satu kabupaten terbesar ketiga penyumbang produksi beras di Sumatera Selatan. “Pada tahun 2016 ini, kabupaten ogan komering ilir mendapat target produksi sebanyak 851.100 rupiah pertahun. Kita yakin target tersebut pasti tercapai, tahun ini kita juga dapat pupuk bersubsidi mencapai 625.950 ton, pupuk ini di perlukan untuk memenuhi kebutuhan tanaman pangan serta menunjang kebutuhan pokok rakyat”.
Dandim 0402 OKI-OI Letkol Kav Dwi Irbaya Sandra, S.Sos
Sementara itu Dandim 0402 OKI-OI Letkol Kav Dwi Irbaya Sandra, S.Sos menyampaikan bahwa pihak TNI melakukan pendapingan kepada Petani dan Pihak Dinas Pertanian untuk menjadikan Indonesia khususnya Kabupaten OKI swasembada Pangan.
Kepala Dinas Pertanian OKI Syarifudin SP MSi saat di wawancari oleh Reporter Kayuagung Radio menjelaskan, Lahan di Kabupaten Ogan Komering Ilir, tahun 2014 terdata seluas 124.000 Hektar dan beralaih fungsi lebih kurang 4.000 Hektar, salah satunya terbesar di kec. Lempuing dan Lempuing Jaya. Alih fungsi ini ada yang di alihkan ke tanaman perkebunan dan pembangunan fasilitas umum lainya, seperti jalan dan pemukiman termasuk pasar, ruko, yg mengunakan lahan – lahan pertanian produktif. Di tahun 2016 ini perdatanam data bahwa luas area yg dapat di tanami padi meningkat seluas menjadi 139.735 Hektar , peningkatan ini bertambah dari cetak sawah dan pembukaan lahan – lahan sawah baru, lahan yang selama ini tidak tertanami dan berkat semangat para petani dari dampak kemarau lahan – lahan tidur semua hampir di manfaatkan.
Panen Raya di OKI, Dukung Kedaulatan Pangan Nasional
Syarifudin menambahkan “Produksi padi kita di tahun 2016 ini, di targetkan sebanyak 851.000 Ton, tentu produksi ini akan kita peroleh dari panen yang kita lakukan pada bulan januari, maret yang hari ini kita laksanakan di desa Sungai Belida dan desa Cahaya Maju”.

Sementara itu Asisten II Setda OKI Heri Susanto mengatakan “Ini adalah komitmen pemerintah Kabupaten OKI meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat dalam bidang pertanian. Kita menargetkan IP-200 di kecamatan Lempuing dan kecamatan Lempuing Jaya bias 100%.

“Di 2016 Pemerintah Kabupaten OKI mempunyai banyak program, diantaranya program unggulan adalah Cetak Sawah Baru untuk Sumatera Selatan 14.700 dan 11ribunya ada di Kabupaten OKI yang tersebar di 7 Kecamatan di OKI. Untuk kedepan kita berarti ada tambahan areal baru sebanyak 11.000 hektar, kemudian program Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Lebak yang kita fokuskan di Desa Awal Terusan Laut Kecamatan SP Padang seluas 500 hektar” tambah Heri Susanto.


Diberdayakan oleh Blogger.