Kenali 5 Jenis Kentang dan Cara Mengolahnya

Kayuagung - OBMM Kentang memiliki beberapa macam varietas yang tentunya memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Hal ini menyebabkan bentuk, ukuran, dan warna yang berbeda, dengan hasil olahan makanan yang berbeda pula. Berikut macam-macam jenis kentang beserta cara mengolahnya.

Kentang Putih
Kentang putih adalah kentang yang kulit dan umbinya berwarna putih. Rasanya agak hambar, dan lekas hancur bila digoreng atau dimasak. Sebaiknya digunakan untuk membuat mash potato dan campuran pada cake dan kue, seperti kue lumpur, potato cake, dsb.

Kentang Kuning
Kentang kuning adalah kentang yang memiliki kulit dan umbi berwarna kuning. Rasanya lebih enak daripada kentang putih, serta tidak mudah hancur bila digoreng atau dimasak. Harganya pun biasanya lebih mahal daripada kentang putih.
Teksturnya yang lebih padat membuat kentang kuning cocok untuk dibuat kentang goreng ala restoran, kroket, perkedel dan baked potato.  

Kentang Merah
Kentang jenis ini memiliki kulit berwarna merah, akan tetapi umbinya berwarna kuning. Walaupun jenis kentang merah ini langka didapat, dataran tinggi Dieng adalah sebagai salah satu daerah yang terkenal sebagai penghasil kentang merah di Indonesia. Biasa kentang merah rebus digunakan untuk campuran salad.

Kentang Hijau
Kentang hijau adalah kentang yang dipanen terlalu dini atau terlalu banyak mendapat sinar matahari. Warna kentang hijau berasal dari solanin, yaitu sejenis senyawa alkaloid yang bersifat racun. Untuk itu hindari mengkonsumsi jenis kentang ini, sebab kentang muda dan hijau mengakibatkan sakit kepala, sakit perut, dan buang-buang air. Kentang ini jarang digunakan untuk masakan, karena belum cukup matang untuk dikonsumsi.

Kentang Hitam
Kentang hitam adalah kentang yang kulitnya berwarna ungu tua kehitaman, sedang umbinya berwarna krem pucat dengan lingkaran ungu. Bunga tanaman kentang hitam berwarna ungu. Kentang jenis ini sekarang banyak ditanam di kepulauan Shetland. Biasanya digunakan untuk campuran sayuran, seperti sup dan salad.

Sumber : Google.com
Diberdayakan oleh Blogger.