Di Jaman Iskandar, Honor Kades Naik Hingga 100 Persen

Kayuagung - Pemkab Kabupaten OKI memberikan perhatian lebih kepada para kepala desa (kades) sejak di 2016 ini. Salah satunya terkait kenaikan honorarium bagi kepala pemerintahan tingkat bawah ini.

Sebelumnya, honor mereka hanya Rp 800.000 per bulan. Di tahun 2014 naik Rp 1.500.000,- dan saat ini menjadi Rp 3 juta per bulan.

Bupati H. Iskandar, SE mengatakan, sejak tiga tahun terakhir pemkab telah memperhatikan kesejahteraan aparat di desa dengan cara menaikkan honornya. Menurut dia, kenaikan gaji 314 kades ini sangat pantas mengingat beban kerja mereka sangat tinggi melayani masyarakat di desa.


"Tahun ini gaji mereka naik. Kalau secara pribadi sih saya ingin gaji mereka pantasnya Rp10 juta per bulan," ujar Iskandar saat melakukan Safari Ramadhan di Kecamatan Lempuing Jaya, Kamis, (15/6).

Dia memastikan, bila kinerja ujung tombang pemerintahan ini bagus maka kinerja daerah juga akan baik. Dia berharap, dengan adanya kenikan gaji ini kinerja para aparatur tingkat bawah ini lebih meningkat.

Menurut Iskandar, perhatian lebih terhadap kinerja para kepala desa ini sangatlah wajar. Sebab, mereka merupakan ujung tombak keberhasilan berbagai program pembangunan yang dicanangkan pemerintahan di atasnya.


Meski begitu, Iskandar pun mengingatkan. Jika kinerja kades tak sesuai harapan, siap-siap gaji mereka akan diturunkan. Menurutnya, hal itu merupakan konsekuensi yang harus diterima para kades jika kinerja mereka buruk.

"Dengan kenaikan gaji ini, kami ingin aparatur tingkat bawah ini lebih bertanggung jawab dalam membangun desa" terang dia.

Iskandar menegaskan, para kades harus cepat tanggap dan lebih peka untuk melayani masyarakat. "Kalau ada suatu persoalan di desa, segera laporkan ke Pemkab" tegas dia.


Sementara itu, Kades Gede Pedoman, Selaku Ketua Forum Kades Kecamatan Lempuing Jaya, mengaku senang dan takjub dengan langkah Pemkab OKI. Dia menilai, perhatian kepada aparatur pemerintahan tingkat bawah meningkat semenjak kepemimpinan Iskandar.


"Terimakasih Pak Bupati atas perhatiannya, Jadi motivasi kami untuk terus membangun desa" Ujarnya.


Dia mengakui, sejak tiga tahun terakhir para aparatur pemerintahan tingkat bawah itu mendapat insentif dari pemkab sebagai jasa pengabdiannya.
Diberdayakan oleh Blogger.