Luapan Semangat Janger Persahabatan

Kayuagung - Indonesia sedang mempersiapkan dirinya untuk menjadi tuan rumah pagelaran olahraga terbesar di Asia, yaitu ASIAN Games 2018. Ini adalah kali kedua Indonesia menjadi tuan rumah dalam ajang tersebut. Sebelumnya di tahun 1962 Indonesia sudah menorehkan sejarah, Asian Games ke-4 diselenggarakan di Indonesia.
 
Berbicara soal penyelenggaran sebuah event olahraga internasional, official song tentu menjadi sebuah hal yang penting. Seperti di Asian Games 2018 ini, salah satunya diberi judul Janger Persahabatan yang diproduseri NEV+ dan dinyanyikan oleh Ariel dan DEA. Lagu Janger Persahabatan khusus diciptakan oleh Guruh Sukarnoputra untuk event Asian Games 2018. 
 
“Saya diminta menciptakan sebuah lagu untuk perhelatan ASIAN Games 2018 yang saya beri judul Janger Persahabatan. Banyak orang bertanya, apa artinya Janger? Jadi Janger itu gak ada artinya ya, itu menirukan bunyi-bunyian gamelan Bali. Saya mengambil nama Janger karena itu kesenian rakyat yang mengambarkan persahabatan dan kegembiraan. Saya berharap event Asian Games ini bisa mempererat hubungan persahabatan Indonesia dengan negara-negara lain.” tutur putra sang proklamator Indonesia ini.
 
Aransemen musik Janger Persahabatan yang dikerjakan oleh NEV+ menyajikan irama yang semangat, musik yang kekinian namun dibalut dengan nuansa etnik yang cukup kental. Ditambah dengan vokal khas Ariel serta suara unik Dea membuat Janger Persahabatan semakin lengkap. “Semua unsur ada, mulai dari tradisional hingga modern. Untuk unsur etniknya, kita kerjasama dengan Viky Sianipar yang memang sangat paham bagaimana gamelan dengan kultur Bali yang kental.” jelas Randy.
 
“Proses pengerjaan Janger Persahabatan ini sebenarnya cukup lama, karena banyaknya musisi yang terlibat. Awalnya kita ditawari mengaransemen lagu ciptaan Guruh Sukarnoputra untuk Asian Games, tentu saja langsung kita sambut dengan sangat antusias. Kita buat musiknya, begitu selesai, baru diisi oleh Dea dan terakhir masuklah Ariel.” ucap Rama saat ditanya proses kreatif Janger Persahabatan.
Janger Persahabatan diharapkan bisa meningkatkan semangat para atlet yang akan berlaga di Asian Games 2018. Seperti pesan dari Ariel NOAH, “Untuk atlet-atlet Indonesia, berjuanglah sekuat tenaga, mudah-mudahan bisa menang banyak, minimal bermain baik demi Indonesia.”
Diberdayakan oleh Blogger.