Peran Babinsa Pendamping Cetak Sawah


Kayuagung -Kodim 0402/OKI sebagai salah satu instansi militer yang terlibat dalam program pemerintah yaitu Cetak sawah, telah berhasil melaksanakan pendampingan sejak ditanda tanganinya MoU antara Kementan dan TNI AD pada tahun 2013. 

Pada pertengahan tahun 2018 yang lalu, salah satu wilayah teritorial Kodim 0402 yaitu Kabupaten OKI kembali mendapat kepercayaan dalam pengolahan cetak sawah seluas 300 hektar, yang terletak di desa Srigading Kec. Sungai Menang = 200 hektar dan desa Benawa Kec. Teluk Gelam = 100 hektar. 

Khususnya cetak sawah di desa Benawa Kec. Teluk Gelam yang terletak di wilayah teritorial Koramil 402-01/Tanjung Lubuk, saat ini masih dalam tahap pengerjaan lahan yang telah mencapai sekitar 63 %, dan sebagian lahannya sudah ditanami padi oleh petani setempat. 


Babinsa yang bertugas sebagai pendamping cetak sawah, selalu berperan berpatisipasi aktif sejak dimulainya pembukaan lahan, pengolahan lahan, penanaman padi serta pemeliharaan tanaman padi, hingga pada saatnya nanti turut serta dalam membantu melaksanakan panen bersama-sama. 

Salah satu aparat desa, yaitu Kadus 1 desa Benawa yang juga sebagai Pengawas di lokasi tersebut saat ditanya terkait program cetak sawah ini mengatakan " Warga disini sangat bersyukur dan berterimakasih sekali kepada Dinas Pertanian dan Kodim, khususnya Babinsa, karena dengan adanya program cetak sawah ini, sangat membantu sekali meringankan beban mereka yang selama ini hanya bertumpuh dari hasil kebun karet dan Sawit untuk memenuhi kebutuhan Sandang Pangan keluarga mereka, apalagi harga getah karet dan sawit saat ini sangatlah murah. 

Dan mereka berharap di tahun 2019 ini akan ada lagi program cetak sawah di desa ini, karena masih tersedia sekitar 600 hektar lagi lahan desa yang belum terbuka dan siap untuk diolah menjadi lahan cetak sawah." Demikian menurut penuturan Pak Muksin, Kadus 1 desa Benawa Kec. Teluk Gelam. 

Diberdayakan oleh Blogger.