Ratusan Personel Gabungan Kawal Pilkades Serentak di OKI


Kayuagung -Aparat kepolisian siap mengawal pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) yang akan digelar serentak pada Selasa, (19/11/2019). 

Kapolres OKI, AKBP Donni Eka Syahputra, SH. S. Ik mengatakan Polres OKI telah menyiapkan 449 personel yang terdiri dari Satgas Preemtif, Satgas Preventif yang akan disiagakan pada 102 desa yang penyelenggara Pilkades serentak 2019.

"Untuk memastikan kondusifitas pada Pilkades serentak, ratusan personil kita ploting ke setiap desa yang menyelenggarakan Pilkades ," ujar Kapolres Donni pada Apel Pergeseran Pasukan di Kantor Bupati OKI, Senin, (18/11).

Meski potensi kerawanan Pilkades di OKI minim kata Kapolres, pihaknya tidak ingin kecolongan. Maka apel pergeseran pasukan dilaksanakan dalam rangka pengecekan kekuatan personel.

"Kita mengecek kesiapsiagaan personel. Kita berharap seluruh lapisan masyarakat berkomitmen untuk bersama-sama menjaga keamanan, ketertiban dan menciptakan iklim damai untuk OKI," ujar Donni.

Sementara itu, Wakil Bupati OKI, H.M. Djakfar Shodiq mengungkap stabilitas politik nasional dan daerah hendaknya menjadi contoh bagi warga desa yang akan melaksanakan Pilkades.

“Kita sudah terbiasa melaknakan pemilihan langsung dari Presiden, Gubernur hingga Bupati. Soal Pilkades ini mari kita contoh kesuksesan Pilpres maupun Pilkada di OKI” Ungkap Shodiq.

Menjelang pemilihan esok, Shodiq berpesan kepada para calon kepala desa maupun pendukung serta warga masyarakat untuk menjaga ketertiban dan keamanan masing-masing.

“Membanggun desa bisa melalui berbagai cara, kalau belum terpilih nantinya, Ayo sinergi berikan kontribusi untuk desa kita” kata Shodiq.

Shodiq juga mengungkapkan akan menurunkan tim pendamping dari Pemda yang akan mengawasi pelaksanaan Pilkades serentak di OKI.

“Kita sudah bentuk tim dari OPD. Tugas mereka mendampingi dan mengawasi pelaksanaan Pilkades agar berjalan tertib dan sesuai aturan” Ungkap Shodiq.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.