Layanan Kesehatan Tak Boleh Berhenti, Hotel Teluk Gelam Jadi PDP Center


KayuagungBupati Ogan Komering Ilir H. Iskandar menegaskan pelayanan di rumah sakit maupun di puskesmas tidak boleh terhenti. Untuk mengantisipasi ledakan pasien Covid-19 dan memaksimalkan pelayanan kesehatan umum itu, Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir menyiapkan hotel kembar yang ada di areal wisata Danau Teluk Gelam menjadi PDP center.

Puluhan kamar disiapkan untuk mengantisipasi itu baik untuk pasien Covid-19 maupun tenaga medisnya.

Pantauan di lapangan, hotel kembar yang terdiri dari gedung A dan B itu tengah dalam tahap renovasi. Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Pemukiman OKI, Ir. Asmar Wijaya memastikan rehab atau pun renovasi ini akan selesai pada Juni nanti.

“Kita kebut renovasinya, Juni nanti harus sudah siap digunakan” ujar Asmar di Kawasan Wisata Danau Teluk Gelam, Senin (18/05).

Dikesempatan yang sama Bupati OKI, H Iskandar SE mengungkapkan, upaya itu menjadi salah satu bentuk keseriusan Pemkab OKI dalam menanggulangi pandemi Covid-19.

Dijelaskannya, ruang perawatan terpadu ini dibuat agar fasilitas kesehatan yang ada seperti rumah sakit ataupun puskesmas tetap bisa melayani pasien seperti biasa.

Dengan begitu juga, lanjut Iskandar masyarakat ataupun pasien yang ingin berobat tidak merasa takut akan tertular virus corona.

“Rumah Sakit, Puskesmas harus tetap melayani pasien rawat jalan dan rawat inap dan yang sifatnya bukan COVID. Untuk pasien terkonfirmasi Covid-19 harus ada perlakuan khusus,” kata Iskandar
“Jadi ini sedang kita siapkan PDP center ini, nanti pasien tanpa gejala, gejala ringan akan ditempatkan di PDP center ini. Sementara yang berat yang butuh penanganan alat teknis seperti ventilator itu nanti tempatnya baru di rumah sakit,” jelasnya.

Hal ini kata Iskandar untuk meringankan beban para tenaga medis juga memberi  kenyamanan terhadap pasien umum dan yakin bahwa berobat ke fasilitas kesehatan tidak akan tertular virus Corona.

“Makanya yang positif yang isolasi mandiri juga kita rekomendasikan untuk dialihkan atau diisolasi di sini,” tambahnya.

Masih kata Iskandar, pasien yang dirawat di ODP ataupun PDP center ini tidak akan dipungut biaya.
“Jadi mereka datang tinggal bawa pakaian saja, makan ditanggung, obatnya, vitaminnya dan lainnya ditanggung dan diajak untuk hidup sehat,” pungkasnya.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.