Tagana OKI, Sosialisasi Ke Sekolah



KayuagungSebagai antisipasi dan pencagahan serta penanggulangan bencana baik untuk diri sendiri dan masyarakat harus memiliki pengetahuan serta kecakapan dibidang bencana. Apalagi dilingkungan sekolah, jelas para siswa/siswi dan pengajar tentu belum menguasai ataupun memahami tentang bencana apabila terjadi dilingkungannya.

Hal tersebut membuat Departemen Sosial Republik Indonesia melalui Dinas Sosial Propinsi Sumatera Selatan dan Dinas Sosial Kabupaten Ogan Komering Ilir berinisiatif memberikan pengetahuan tentang Kebencanaan dengan melibatkan langsung para anggota Taruna Siaga Bencana (TAGANA)  sebagai pemberi materi dan simulasi langsung kepada siswa/siswi dan para pengajar kesekolah.

Adapun Tagana go to scool akan dilaksanakan kesekolah-sekolah yang ada di Kabupaten OKI, dan untuk pertama kalinya tagana go to scool dilaksanakan di Ponpes Ma'had Usmani di Vila Kuda Mas (Muara baru) Kayuagung, Selasa (24/11). Acara dipusatkan di mesjid dan lapangan Ponpes Ma'had Usmani.

Kegiatan Sosialisasi Bencana tadi dihadiri langsung oleh Kepala Sekolah Ponpes Ma'had Usmani, para guru, siswa/siswi, Kepala Dinas Sosial H.Reswandi SP.MM, Kepala Bidang Linjamsos Dinsos OKI Zainani,S.Sos, Kasi PSKBS Dian Ekasari D, SKM dan lima Anggota Tagana OKI (Muhammad Salim, Ahyaudin, Marzuki, Andi Saputra dan Jumadi)

Kepala Dinas Sosial OKI H.Reswandi mengatakan Dalam kata baru pertama kali ini Taruna Siaga Bencana, Tagana masuk sekolah (TMS) di Kabupaten Ogan komering Ilir (OKI) untuk berbagi Ilmu dan berbagi Pengalaman dalam menangani untuk mencegah dan mengatasi terjadinya Bencana Alam, Bencana Non Alam dan Bencana Sosial yang sering terjadi diwilayah OKI.

"Kegiatan Sosialisai ini meliputi cara menanggulangi bencana jika terjadi, antisipasi dan tanggap darurat. Dan agar anak -anak didik disekolah mendapat ilmunya serta memahami dan mengetahui tugas dari Tagana sendiri",ungkapnya.

Koordinator TAGANA OKI Muhammad Salim mengatakan hal ini baru pertama kali dilakukan oleh Anggota Tagana selama ini kita dilapangan dan hal ini suatu moment yang sangat berharga tentunya agar menjadi sebuah ilmu yang berguna untuk para pelajar di OKI. Dan sebagai pemateri serta akan kita lakukan sedikit simulasi agar kiranya adik-adik disekolah memahami pentingnya pengetahuan serta tindakan ketika terjadi bencana didaerah mereka.

"Materi yang akan disampaikan yakni bagaimana cara kita ketika terjadi bencana, sebelum dan sesudah dan apa yang harus dilakukan. Minimal dapat menolong dirinya sendiri, keluarga dan orang lain serta memberikan pengetahuan tentang jenis-jenis bencana diantaranya Bencana Alam, Bencana Non Alam dan Bencana Manusia",jelasnya.

Kepala Sekolah Tingkat SMA Ponpes Ma'had Usmani Ilmu Al quran Indawani mengatakan sangat berterima kasih karena telah meluangkan waktu untuk memberikan materi tentang bencana dan kesiapsiagaan.

Serta kami mengapresiasi kegiatan ini telah bisa dilaksanakan dan pertama sekali di OKI dan Penpes ini yang pertama kali menjadi contoh",imbuhnya.

 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.