Kebut Vaksinasi, Bupati OKI Target 5.000 Orang Disuntik per hari


Kayuagung - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) terus lakukan percepatan vaksinasi. Bupati Ogan Komering Ilir menginginkan OKI bisa melakukan 5000 vaksinasi setiap hari.

"Vaksinasi kita bagi per zona. Petugasnya ditambah, Semua elemen pemerintahan harus bergerak. Yang belum tervaksin dijemput, diantar pulang ke rumah setalah divaksin, pokoknya OKI ngebut untuk vaksinasi. Level kita harus semakin baik", ungkap Bupati OKI, H. Iskandar, SE usai mengikuti rapat terbatas dengan Presiden Jokowi secara virtual, Senin, (25/10).

Iskandar berharap dengan adanya percepatan vaksinasi, kekebalan komunitas bisa terwujud di awal tahun 2022.

"Kalau semua sudah divaksin, insyaallah angka penyebaran virus Covid-19 dapat di tekan", terangnya.

Sementara itu, untuk meningkatkan cakupan vaksinasi Covid-19, Dinas Kesehatan Kabupaten OKI memetakan 4 zona prioritas vaksinasi masal,antara lain Zona I di Kecamatan Mesuji, Mesuji Raya, Mesuji Makmur, Lempuing dan Lempuing Jaya. Zona II terdiri dari Kecamatan Pedamaran, Pedamaran Timur, Teluk Gelam, Tanjung Lubuk, dan Kayuagung. Zona III terdiri dari Kecamatan Sirah Pulau Padang, Jejawi, Pampangan dan Pangkalanlampam sementara zona 4 terdiri dari Kecamatan Cengal, Sungai Menang dan Air Sugihan.

“Sistem zonasi ini adalah upaya keroyokan vaksinasi massal OKI sehat oleh petugas dinkes, dibantu vaksinator TNI dan Polri. Kita membuka layanan di setiap kecamatan pada zona tersebut selama lima hari. Semua terlibat untuk mengajak masyarakat ikut vaksinasi dari OPD, Camat hingga kepala desa. Dijemput kemudian diantar kembali setelah divaksin” ungkap Kepala Dinas Kesehatan OKI, Iwan Setiawan.

Kegiatan keroyokan vaksinasi massal pada 5 kecamatan di zona I, Senin, (25/10) kemarin terang Iwan mencapai target 5.991 dosis.

“Alhamdulilah, berkat kerjasama tim dan kesadaran masyarakat vaksinasi di Zona I capai target 5.991 dosis. Ditambah capaian vaksinasi 36 Faskes sebanyak 1.276 jadi totalnya kemarin 7.267 dosis” terang Iwan.

Iwan mengajak masyarakat untuk tidak ragu divaksin karena vaksin sudah teruji aman dan baik untuk mencegah penularan virus Covid-19.

“Ayo ikuti serbuan vaksinasi OKI sehat bagi yang telah divaksin agar tetap mematuhi protokol kesehatan” pesannya.

Untuk mewujudkan kekebalan komunitas (Herd Imunity).  Kabupaten OKI memiliki target sebanyak 557 ribu penduduk harus divaksin. Sampai dengan Senin (25/10) distribusi vaksin di OKI mencapai 320.364 dosis dengan rincian penduduk telah divaksin dosis I sebanyak 27,14 persen, dosis II 14,56 persen dan dosis III sebanyak 42,20 persen. Untuk stok vaksin tersedia 78.23 dosis.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.