Cegah Paham Radikalisme, Dandim 0402/OKI Sosialisasi Wawasan Kebangsaan kepada Siswa SMPN 3 Kayuagung

KayuagungMenangkal pengaruh negatif maupun doktrin dari paham-paham radikalisme dan terorisme di kalangan pelajar, Dandim 0402/OKI Letkol Inf Hendra Saputra S. Sos MM. MI. Pol, menyosialisasikan wawasan kebangsaan (Wasbang) kepada siswa SMPN 3 Kayuagung, JL. Letda Bustomi Rekap, Jua Jua, Kec. Kota Kayu Agung, Kab. Ogan Komering Ilir Prov. Sumatera Selatan,  Kamis (2/3/2022).

Letkol Inf Hendra Saputra S. Sos MM. MI. Pol memberikan materi Wasbang terkait dengan implementasi Pancasila dan paham radikalisme. Di hadapan ratusan Siswa Dandim 0402/OKI menyampaikan, “Wasbang adalah konsepsi cara pandang yang dilandasi atas kesadaran diri sebagai warga dari suatu negara akan diri dan lingkungannya di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara”.
Menurutnya, Wasbang perlu diberikan mulai sejak dini, karena siswa pelajar merupakan sebuah aset bangsa yang sangat berharga sehingga perlu dijaga keberadaannya dari bahaya paham radikalisme dan terorisme.

"Pengaruh paham radikalisme dan terorisme yang saat ini menjadi suatu ancaman serius bagi bangsa dan negara. Sehingga perlu adanya pemahaman dan menumbuhkan kesadaran dari seluruh komponen bangsa Indonesia akan bahaya tersebut,"ujar Dandim.

"Pelajar sebagai Agen Perubahan selain itu, mereka juga nantinya yang akan menjadi calon-calon pemimpin bangsa ini. Oleh karenanya sangat penting ditanamkan nilai-nilai Nasionalisme, Patriotisme dan Bela Negara," harapnya.

Guna meredam hingga mengantisipasi intoleransi yang dapat berkembang menjadi radikalisme tersebut, ia meminta para siswa SMPN 3 Kayuagung mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila yang sangat penting dilakukan baik di tataran hidup bernegara maupun bermasyarakat.

"Untuk itu nilai-nilai Pancasila marilah kita terapkan dalam berbagai aspek kehidupan bahkan di lingkungan sekolah. Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia memiliki kedudukan yang sangat penting, sehingga semua warga negara wajib mengerti dan mengetahui pancasila sebagai dasar negara," lanjutnya.

Kepala Sekolah SMPN 3 Kayuagung, Erlin Marleta,s.pd.M.si.M.pd. menyatakan hal serupa. "Kami menilai Kegiatan seperti ini Sangatlah penting, sebagai wahana untuk memupuk rasa nasionalisme bagi siswa SMPN 3, Kami juga sangat mendukung kegiatan yang di lakukan Bapak DAndim 0402/OKI, sehingga siswa pelajar dapat berpartisipasi dalam membangun bangsa dan menjaga keutuhan NKRI," tambahnya. (Pen 0402)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.