Kampung Pancasila Wujud Tingginya Toleransi di OKI


Kayuagung - Desa Kepahyang, Kecamatan Lempuing, Kabupaten Ogan Komering Ilir dikukuhkan sebagai Kampung Pancasila. Peresmian dilakukan oleh Dandim 0402/OKI Letkol Inf Hendra Saputra S.Sos.,M.M.,M.I.Pol, Rabu (23/3/2022). 
 
Desa Kepayang merupakan desa eks transmigrasi yang dihuni oleh berbagai etnis. Melalui program Kampung Pancasila yang digagas oleh  Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman diharapkan memperkuat kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

Letkol Inf Hendra Saputra S.Sos.,M.M.,M.I.Pol menyampaikan Desa Kepahyang ini ditunjuk sebagai desa tauladan sehingga Sebelum penunjukan menjadi kampung pancasila ada kajian- kajian yang diambil dan nilai positif dari kampung tersebut.

“Pancasila yang memang sudah ada selama ini merupakan bagian dari pertahanan bangsa kita dan Pancasila merupakan ruh dan jiwa yang harus terus digaungkan di seluruh pelosok negeri"

Termasuk di seluruh wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir Dandim memastikan, selain di Desa Kepahayang, Kampung Pancasila juga dibentuk di seluruh pelosok Kabupaten OKI.

Di akhir tahun, nantinya akan diadakan penilaian kampung pancasila. Nilai yang terbaik akan mendapatkan penghargaan, ujar Dandim.

Kepala Desa Kepahyang, Bpk Supriyadi mengapresiasi dan menyambut baik dibentuknya Kampung Pancasila. Ia berharap, dengan diresmikannya Kampung Pancasila, nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila terus terpelihara.

"Ini penting guna terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa khususnya di Desa Kepahyang. Harapannya kedepan dengan terbentuknya kampung pancasila menjadi Desa percontohan walaupun berbeda suku ras dan agama namun masyarakat hidup rukun dan damai" ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Plh. Kasdim 0402/OKI Mayor Chk Ernanda Laksanawan SH. MH, Kadispora Kab.OKI Bpk.Repli, Danramil 402-10/Kayu Agung Letda Inf Edi Gunawan, Kapolsek Lempuing AKP AK Sembiring SH.MH, Camat Lempuing Bpk Sujito, Pengurus PBNU OKI H.Sodiq, Kepala Desa Kepahyang Bpk Supriyadi, Para Tokoh agama,Tokoh Masyarakat Desa Kepahyang, serta Masyarakat Desa Kepahyang.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.