Pertanian Topang Perekonomian Kabupaten OKI untuk Pulih dan Tangguh


Kayuagung -Sektor pertanian jadi penyokong struktur perekonomian Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Sektor ini berkontribusi sebesar 55,31 persen terhadap PDRB Kabupaten Ogan Komering Ilir tahun 2021 lalu.

"Sektor pertanian, perikanan, dan kehutanan jadii andalan kami untuk mendukung program Bapak Gubernur, Sumsel Mandiri Pangan" Ungkap Bupati OKI, H. Iskandar, SE pada rapat paripurna istimewa peringatan hari jadi ke 77 Kabupaten OKI di Gedung DPRD OKI, Selasa, (11/10).

Iskandar memaparkan Produktivitas sektor pertanian khususnya padi di Kabupaten OKI meningkat dari 568.043 ton tahun 2014 menjadi 763.399 ton pada tahun 2021.

"Untuk konsumsi beras, kita surplus dalam tiga tahun terakhir, sehingga beras petani Ogan Komering Ilir dikirim ke daerah lain bahkan ke provinsi lain" Jelas dia

Produktivitas ini tambahnya terus ditingkatkan dengan upaya intensifikasi dan ekstensifikasi.

"Pembangunan irigasi, bantuan benih dan pupuk dilakukan untuk mendukung peningkatan produktivitas lahan pertanian kita" papar dia.

Pertumbuhan ekonomi yang positif menurut Iskandar mampu menurunkan Angka Kemiskinan di Ogan Komering Ilir sebesar 0,05 poin dari 14,73 persen pada tahun 2020, menjadi 14,68 persen di 2021.

"Kemiskinan merupakan persoalan kita bersama, dan sudah menjadi komitmen kita untuk terus mengentaskannya" jelas dia

Iskandar juga menyebut penurunan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT). TPT Kabupaten OKI di tahun 2021 menurun hingga 3,01 persen.

"Jika dibandingkan dengan tahun-tahun awal kepemimpinan kami Tingkat Pengangguran Terbuka turun sebesar 3,88 poin dari 6,89 persen di tahun 2015". Tutupnya.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru, SH., MH mengatakan sebagai lumbung pangan di Sumatera Selatan, Ogan Komering Ilir berkontribusi untuk mewujudkan Sumsel Mandiri Pangan.

" Di masa pemulihan ekonomi nasional ini kita harus lebih produktif untuk mewujudkan ketahanan pangan di Sumsel secara berkelanjutan", kata Herman Deru.

Ia mengatakan Kemandirian Pangan merupakan langkah sederhana yang memiliki dampak sangat luar biasa jika dilaksanakan secara konsisten maka Kemandirian Pangan ini mampu menekan rasio kemiskinan serta perekonomian masyarakat di Ogan Komering Ilir untuk terus bertumbuh.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.