Sebanyak 14.820 Unit STB TV Gratis Bantuan Dari Pemerintah Diterima Masyarakat OKI


Kayuagung -Dalam rangka penghapusan kemiskinan ekstrem di seluruh wilayah Republik Indonesia pada tahun 2024, melalui keterpaduan dan sinergi program, serta kerjasama antarkementrian lembaga maupun pemerintah daerah untuk melibatkan peran serta masyarakat yang difokuskan pada lokasi prioritas percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem secara tepat sasaran.

Pemerintah pusat melalui Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menyalurkan bantuan Set Top Box Televisi (STB TV) gratis kepada masyarakat.

STB TV digital adalah peranti teknologi informasi yang tugas utamanya memproses sinyal digital menjadi sinyal analog. Cara kerja STB TV digital, yaitu mengolah input (sinyal yang ditangkap antena UHF) siaran digital, lalu dikeluarkan dalam bentuk gambar dan suara ke TV analog.

Dalam penyaluran bantuan STB TV Dari Pemerintah pusat melalui Vendor PT NCT Cargo, di Kabupaten Ogan Komering Ilir  mendapatkan kuota sebanyak 14.820 unit bagi masyarakat secara gratis.

"Untuk wilayah Kabupaten OKI, kita distribusi STB sebanyak 14.820 unit,"ujar Ikhwanu Reza pengurus PT NCT Cargo, Senin, (27/02/2023).

Reza menjelaskan, untuk pendistribusian bantuan STB TV kepada masyarakat yang belum mendapatkan bantuan dari pemerintah, pihaknya belum mengetahui apakah akan ada penyaluran tahap berikutnya.

"Dan untuk tahap selanjutnya kita tidak bisa pastikan karena kami hanya vendor distribusi saja. Untuk informasi tahap selanjutnya, silakan koordinasi dengan Kominfo kabupaten atau pusat," jelasnya.

Sementara itu, Anang Zainal masyarakat Desa Air Itam Jejawi mengatakan, masyarakat mengucapkan terima kasih atas diterimanya bantuan STB TV diwilayahnya, akan tetapi masyarakat juga mengusulkan dalam penerima selanjutnya dilengkapi dengan antena digital.

"Ada kendalanya itu di TV karena disini susah sinyal, semestinya harus dilengkapi juga bantuan antena digital. Karena jika memakai antena manual rata rata tidak berfungsi, untuk ucapan jelas masyarakat berterima kasih. Usul juga kepada pemerintah kedepannya agar kiranya masyarakat yang belum mendapatkan STB itu bisa mendapatkan semua," pungkasnya.

Berdasarkan data sebaran kuota distribusi WLS Sumatera Selatan-1 di Kabupaten OKI menerima 14.820 unit, berikut rincian penerima bantuan STB Per-Kecamatan.

-Air Sugihan : 168 unit

-Cengal : 510

-Jejawi : 646

-Kayuagung : 2.510

-Lempuing : 826

-Lempuing Jaya : 670

-Mesuji : 199

-Mesuji Makmur : 419

-Mesuji Raya : 653

-Pampangan : 574

-Pangkalan Lampam : 390

-Pedamaran : 2.153

-Pedamaran Timur : 392

-Sirah Pulau Padang : 1.554

-Sungai Menang : 755

-Tanjung Lubuk : 847

-Teluk Gelam : 516

-Tulung Selapan : 1.037

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.