Tas Cangkingan Rajut, Buah Tangan Khas Desa Serdang Menang OKI Hasil Pelatihan RKDD Program Desa Cerdas Kemendes 2023


Kayuagung - Desa Serdang Menang Kabupaten Ogan Komering mendapatkan kesempatan pertama kali dari 15 lokus desa di 327 Desa untuk merealisasikan pelatihan pemberdayaan melalui Ruang Komunitas Digital Desa (RKDD) "SERDADU" Program Smart Village atau Desa Cerdas, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) tahun 2023.

Dikky Sakti selaku Duta Digital terpilih untuk pendampingan program Desa Cerdas Kemendes PDTT di Kabupaten Ogan Komering Ilir menjelaskan Smart Village (Desa Cerdas) adalah Desa yang mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa melalui pemanfaatan teknologi dalam berbagai aspek pembangunan desa.

"Kami selaku Duta Digital terpilih bertugas untuk melalukan pendampingan dalam prioritas kegiatan peningkatan literasi digital dan program pemberdayaan digital melalui Ruang Komunitas Digital Desa (RKDD), tepatnya hari ini melalukan Pelatihan Pembuatan Tas Cangkingan Rajut dari Pola sampai dengan Pemasaran di Sosial Media Desa", ungkap Dikky. Rabu, (13/9).

Dikky menyampaikan kegiatan Pelatihan melalui Ruang Komunitas Digital Desa Program Desa Cerdas ini sebagai pemantik untuk menghasilkan inovasi dan keungulan sesuai dengan sumber daya asli desa hari ini ada kurang lebih 30-an peserta untuk pelatihan yang pertama dan akan diikuti pelatihan lainnya sampai dengan akhir tahun mendatang.

"Duta Digital ini sifatnya representatif dan mobile di 4-6 Desa sesuai dengan surat keputusan yang telah diterima masing-masing, dalam pelaksanan tugas pendampingan di lokus desa Duta Digital dibantu Kader Digital yakni I Wayan yang merupakan penduduk asli desa setempat. Semoga pelatihan hari ini bisa jadi awal kebermanfaatan dan jadi sumber kekuatan desa Serdang Menang secara berkelanjutan", imbuhnya.

Kepala Desa Serdang Menang, Kecamatan SP. Padang mengatakan program Desa Cerdas ini bisa membantu desa untuk memetakan potensi dan strategi pengembangan potensi jadi keunggulan bagi desa.

"Alhamdulillah Desa Serdang Menang jadi yang pertama kali untuk melalukan pelatihan melalui operasional RKDD Program Desa Cerdas Kemendes PDTT", kata Dodi.

Ia mengungkap kepada Peserta Pelatihan selepas kegiatan ini masing-masing peserta dan mengeksplorasi praktik baik yang didapat untuk jadi sumber penghasilan tambahan.

"Tas Cangkingan Rajut ini bisa jadi Buah Tangan khas Desa Serdang Menang. Proses pembuatan yang manual dan handmade ini jadi nilai value yang otentik dan diharapkan bisa tembus pasar lokal, nasional bahkan internasional", harap Dodi.

Dodi mengatakan Desa Serdang Menang akan terus bersatu padu untuk bergerak melaju bagi kemajuan desa dan masyarakat yang lebih baik lagi.

Camat SP. Padang, Ardhi Tomiyansyah mendukung penuh kegiatan Pelatihan Pembuatan Tas Cangkingan Rajut dari Pola sampai Pemasaran di Sosial Media Desa.

"Bagus itu, ibu-ibu bisa mengoptimalkan penggunaan sosial media untuk mendorong geliat perekonomian di desa dan kecamatan SP. Padang", kata Ardhy.

Ia menyampaikan kesungguhan dari pelatihan ini akan berimbas dengan adanya public trust sehingga hasil dari produk pelatihan bisa mendatangkan kebermanfaatan bagi peserta maupun masyarakat di Desa.

Dalam kesempatan pelatihan tersebut juga dihadiri dan dibuka oleh Kepala melalui Kabid Pengelola Desa dan TTG Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Juli Romiati.

"Ini awal yang baik untuk desa terus mengoptimalkan potensi yang ada jadi satu daya tarik yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa tersebut", ujar Juli.

Ia juga memberikan dukungan sekaligus mengingatkan agar masyarakat Desa Serdang Menang mampu mengunakan sosial media dengan bijak dan memahami ketentuan agar tidak terjadi penyalahgunaan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.