728x90 AdSpace

Latest News
Selasa, 08 Maret 2016

Menyikapi Gerhana Matahari Total Menurut Pandangan Islam

Fenomena Gerhana Matahari Total Di Palembang
Kayuagung - Gerhana matahari total akan berlangsung Rabu, 9 Maret 2016. Hari itu adalah hari yang istimewa dan langka, di mana manusia akan melihat proses bulan menutup pandangan kita atas matahari, atau biasa disebut gerhana.

Saat gerhana matahari total 9 Maret ini, bumi akan menjadi gelap karena sinar matahari terhalang bulan. Yang langka, fenomena ini hanya akan terjadi di bumi Nusantara.

Tak heran jika hari-hari ini para peneliti, masyarakat, dan turis telah berkumpul di sejumlah wilayah di Indonesia yang bakal dilintasi gerhana matahari total. Jalur gerhana yang kali ini melintasi beberapa provinsi di Indonesia.

Drs. Legianto, ME Kepala Kantor Perpustakaan,Dokumentasi & Arsip Daerah Kabupaten OKI mengatakan “Menurut ajaran Islam, gerhana matahari bukan semata-mata fenomena alam dan kejadian antariksa, tetapi di balik itu sarat dengan nuansa religius yang diimani sebagai salah satu tanda keagungan dan kekuasaan Allah Ta’ala yang Maha mengatur alam ini” saat Talk Show di Studio 90.4 Kayuagung Radio, Selasa (8/3/16) dengan tema “Gerhana Matahari Menurut Pandangan Islam”.

Drs. Legianto, ME menjelaskan “Bahwa, Rasulullah SAW memerintahkan umatnya agar melakukan amalan ini ketika gerhana terjadi. Apa saja amalannya?”

“Perbanyaklah zikir, istighfar, takbir, sedekah dan bentuk ketaatan lainnya serta mengerjakan shalat gerhana secara berjama’ah di masjid”
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Menyikapi Gerhana Matahari Total Menurut Pandangan Islam Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio