728x90 AdSpace

Latest News
Kamis, 03 Maret 2016

Bupati OKI Ajak Warga Cegah Karhutla, Saat Sambangi Warga di Desa Terpencil

Bupati OKI Ajak Warga Cegah Karhutla, Saat Sambangi Warga di Desa Terpencil
Kayuagung - Bupati Ogan Komering Ilir, Iskandar mengunjungi desa-desa terpencil diwilayahnya. Program ini dinamakan tandang desa. Selain mendengar langsung harapan warga, Iskandar memanfaatkan tandang desa untuk mengajak warganya mencegah kebakaran hutan dan lahan agar tidak terjadi lagi di Kabupaten ini.
"Tahun lalu lahan kita banyak yang terbakar. Tahun ini aku mintak tolong nian dengan kamu jangan sampai ado lahan yang dibakar" kata Iskandar di hadapan warga desa Sungutan Air Besar Kecamatan Pangkalan Lampam, Kamis, (3/3).
Iskandar mengatakan pemerintah sudah menyiapkan upaya agar masyarakat tidak membuka lahan cara membakar melalui program kedaulatan pangan.
"Kalau ada lahan yang bisa dibuat pertanian silahkan diusulkan kepada kami. Kita buka cetak sawahnya. Kita bantu buka buka lahan bibit, pupuk kita kasih. Programnya sudah ada masyarakat bisa menggunakan dengan sebaik-baik" pungkas Iskandar.
Sejumlah persiapan sudah dilakukan pemerintah kabupaten ini untuk menanggulangi Karhutla 2016 seperti pembentukan kampung siaga, meminta komitmen perusahaan, membentuk regu kebakaran desa terlatih (RKDT) serta masyarakat peduli api bahkan pemerintah pusat dan pemerintah prov. Sumsel akan mencanangkan Gerakan Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Gakkarhutla) pada 7 Maret nanti yang akan dihadiri langsung Menteri LH Siti Nurbaya.
Dalam kesempatan temu wicara beberapa warga mengeluhkan turunnya harga karet yang membuat perekonomian warga tersendat seperti diungkapkan Rusnadi warga Setempat.
"Sebagian besar mata pencaharian kami ini petani karet, dulu saat karet tinggi harganya kami bisa dibilang sejahtera di dusun ini namun kini kesulitan. Harapan kami ada solusi dari pemerintah berupa mata pencaharian lain" pungkasnya.
Program kedaulatan pangan menurut Iskandar menjadi solusi untuk menanggulangi kebakaran hutan dan lahan serta meningkatkan perekonomian warga. Potensi ini menurutnya akan terus dioptimalkan dengan mengkampanyekan OKI sebagai 3 besar penopang kedaulatan pangan nasional.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Bupati OKI Ajak Warga Cegah Karhutla, Saat Sambangi Warga di Desa Terpencil Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio