APEL BESAR PERINGATAN HARI PRAMUKA KE-50 TAHUN 2011 DIPEMKAB. OKI

Bertempat di Halaman Pemda OKI, Senin 15 Agustus 2011, berlangsung Apel Besar Peringatan Hari Pramuka Ke-50 Tahun 2011. Bertindak selaku Pembina Upacara Sekda Kab. OKI Ir. H. Ruslan Bahri, MT dan Pemimpin Upacara Agus Valentino dari SMAN 4 Kayuagung. Hadir dalam acara tsb Ketua DPRD Kab. OKI, Unsur Muspida, Ketua Pengadilan Negeri Kayuagung, Ketua Pengadilan Agama Kayuagung, Asisten, Staf Ahli, Kepala Dinas/Badan/Kantor/Bagian di lingkungan Pemkab. OKI, Kakak-kakak Ketua Kwarran Gerakan Pramuka, Kakak-kakak Pelatih, Pembina dan  Pamong Gerakan Pramuka, serta Adik-adik Pramuka.

            Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Prof. DR. dr. H. Azrul Azwar, MPH dalam amanatnya yang dibacakan oleh Sekda Ir. H. Ruslan Bahri, MT selaku pemimpin upacara mengatakan Hari Pramuka ke-50 atau Tahun Emas yang jatuh pada tanggal 14 Agustus 2011 mengambil Tema “ Pramuka Penyelamat Generasi Muda ”. Tema ini sesuai degan masalah dan ataupun tantangan yang terjadi saat ini, antara lain adalah masih tingginya angka putus sekolah, sulitnya mendapatkan pekerjaan, maraknya tindakan kriminalitas yang melibatkan generasi muda, rendahnya rasa hormat kaum muda kepada orang tua dan para guru, perubahan gaya hidup yang menjurus pada perilaku tidak sehat, meningkatnya perilaku merokok pada usia muda, makin tingginya konsumsi narkoba dan zat adiktif serta makin meningkatnya pergaulan bebas yang berakibat pada terjadinya kehamilan yang tidak diinginkan dan aborsi di kalangan generasi muda, tentu saja sangat memprihatinkan kita semua.
Untuk kepentingan bangsa dan negara pada masa depan, pelbagai masalah dan atau tantangan yang dihadapi tersebut, tentu saja harus segera dapat ditanggulangi. Disinilah menjadi penting peranan Gerakan Pramuka sebagai lembaga pendidikan non formal yang tujuan utamanya adalah untuk membentuk karakter kaum muda, menanamkan semangat kebangsaan serta meningkatkan keterampilan generasi muda, Gerakan Pramuka memang dapat berbuat banyak.
Pada saat ini, di era pembangunan nasional yang berhadapan dengan makin kompleknya pelbagai masalah dan ataupun tantangan adalah harapan bersama kiranya Gerakan Pramuka dapat berkiprah dalam turut mensukseskan pembangunan nasional tersebut. Utamanya dalam turut mengatasi pelbagai masalah dan atau tantangan kaum muda. Pramuka dan Gerakan Pramuka harus dapat berperan sebagai penyelamat Generasi Muda.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.