BANTU ALAT PERTANIAN DI PEDALAMAN, BUPATI OKI TERJANG SUNGAI MUSI

Untuk meningkatkan produksi pertanian di wilayah pedalaman, Bupati Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan, Ishak Mekki, memberikan bantuan traktor tangan dan bibit tanaman. Ia dan rombongan menerjang Sungai Musi dengan speed boat saat arus tengah tinggi-tingginya.

Pemberian bantuan dilangsungkan di Kecamatan Air Sugihan, Rabu (8/2/2012). Selain memberikan bantuan tersebut, Ishak juga melakukan penanaman pohon di sejumlah lokasi.

"Ada bantuan bibit juga, seperti sayuran, padi, dan lain-lain," kata Kepala Dinas Pertanian OKI Asmar Wijaya.


Ishak, yang juga Ketua DPD Partai Demokrat (PD) Sumsel ini, bersama rombongan datang ke lokasi menggunakan sebuah speed boat. Perjalanan cukup mencemaskan, sebab air Sungai Musi meninggi dan arusnya cukup deras.

Kecamatan Air Sugihan, merupakan wilayah yang berada di pesisir Timur Pulau Sumatera. Sebagian wilayah merupakan rawa-rawa dan perairan. Air Sugihan merupakan wilayah transmigrasi yang kini berkembang menjadi 19 desa.

Di era rezim Orde Baru, sekitar tahun 1990, pada saat musim kemarau panjang, wilayah ini pernah mengalami krisis pangan.

Saat ini, meskipun mengalami kemajuan, tapi secara umum wilayah kekurangan sejumlah fasilitas atau infrastruktur, misalnya akses transportasi. Kondisi ini juga tak lebih baik dengan wilayah pesisir lainnya di Sumatera Selatan, seperti di Kabupaten Bayuasin dan Musi Banyuasin.

Akibatnya produksi pertanian, yang cukup berpotensi di wilayah ini, menjadi kurang teroptimalkan. Sebab tidak seimbangnya biaya pembelian kebutuhan dan penjualan hasil produksi pertanian.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.