RATINALA TAKLUKKAN JAKARTA DENGAN "HATINYA"

KAYUAGUNG RADIO - Ambisinya besar, ingin "menaklukkan" Ibukota. Ratih Nalawati atau akrab dipanggil Ratinala, pendatang baru asal Sukabumi memang punya obsesi dan tekad tinggi ingin menjadi penyanyi terkenal. Hal tersebut dibuktikan dengan album rekaman perdananya bertajuk Hatinya yang berisi 11 lagu.

Gadis kelahiran Sukabumi, 18 Desember 1986 ini terjun ke industri musik bukan dengan modal tangan kosong. Sebelumnya, dia dikenal sebagai anak band. Semasa masih duduk di bangku SMP, Ratinala tergabung sebagai vokalis band beraliran pop rock dengan nama Sukiyaki. Band ini acap memainkan nomor-nomor Cranberries. Beranjak SMA, Ratinala memasuki band lagi sebagai vokalis. Nama band-nya V-Sound yang lebih condong ke aliran R&B, dimana Ratinala sering menggebrak lagu-lagu milik Beyonce, Christina Aguilera dan Alicia Keys.

Ketika kuliah, Ratinala gonta ganti menjadi vokalis sejumlah band seperti The Bandit dan Jump Fast. Kini, juara lomba Pop Singer se-Sukabumi ini lebih percaya diri bisa menaklukkan Ibukota. Rekam jejak Ratinala di ranah musik boleh digarisbawahi, ia sering ikut audisi di banyak kompetisi menyanyi di layar kaca seperti AFI dan Indonesian Idol.

Ihwal debut albumnya, Ratinala mengimbuhkan dua tembang lawas dari 11 lagu yang dirangkum dalam sebuah album solo ini. Tembang lawasnya adalah Lilin Lilin Kecil dan Mimpi. Lilin Lilin Kecil ciptaan James F. Sundah dan berjaya di Lomba Cipta Lagu Remaja Prambors tahun 1977 yang sukses dinyanyikan oleh Chrisye (almarhum). Sedangkan lagu Mimpi yang berwarna pop rock ciptaan Teddy Sujaya (mantan drumer band God Bless) dan Pamungkas NM yang melambungkan nama Anggun C. Sasmi di akhir tahun 80-an.

Lagu ini khusus diaransemen ulang oleh Aray Daulay, personel Steven & Coconut Trees menjadi berirama reggae.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.