TARTILAH SOSOK YANG PEDULI TERHADAP BIDANG PENDIDIKAN

KAYUAGUNG RADIO -  Bidang pendidikan merupakan program prioritas Bupati Ogan Komering Ilir sejak pertama dilantik tahun 2004. Oleh karenanya untuk mendukung program pemerintah ini Hj. Tartilah Ishak Selaku Ketua TP PKK Kabupaten OKI sangat peduli terhadap pembangunan dibidang ini. Tartilah mewujudkan kepeduliaannya dengan mensinergikan 10 program pokok PKK dengan Program Pemerintah Kabupaten OKI khususnya bidang pendidikan serta bidang lainnya. “Pendidikan merupakan pembangunan seutuhnya karena kita membangun manusia” ujar Tartilah sebagai mana dipaparkannya pada acara Sosialisasi UN bagi Kepala Sekolah, Guru serta pengawas TK, SD, SMP, SMA, SMK Se Kabupaten OKI bagi di Gedung Kesenian Kayuagung, Rabu, (04/04/2012)

Andil serta TP PKK OKI dalam pembangunan sektor pendidikan ini diwujudkan melalui program-program antara lain dengan membina PAUD-PAUD yang ada di Kabupaten OKI. Salah satunya yaitu PAUD Harapan Bunda yang didirikan tahun 2006 di Desa Serigeni Kec. Kota Kayuagung. Operasional PAUD ini jelas Tartilah di tahun pertama mendapat bantuan dari Diknas Provinsi dan untuk tahun berikutnya bantuan operasional khususnya tenaga pendidik PAUD tersebut dibantu oleh TP. PKK OKI. Tartilah mengatakan “Usia dini sangat mempengaruhi perkembangan anak pada usia selanjutnya. Oleh karenanya harus benar-benar kita bina anak-anak kita yang berada pada usia dini ini” . untuk menunjang keberadaan PAUD ini, terobosan TP.PKK. Kab. OKI mengintegrasikan kegiatan PAUD dengan posyandu dan Bina Keluarga Balita, yakni menjadikan Posyandu bukan hanya tempat memeriksakan bayi dan balita, tetapi juga sebagai tempat belajar dan bermain.

Selain itu, untuk mendukung program pembangunan bidang pendidikan di Kabupaten OKI Hj. Tartilah melalui TP PKK OKI juga membina BKB (Bina Keluarga Balita).Kegiatan BKB ini difokuskan pada pembinaan orang tua/ibu balita. Tujuannya adalah untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan orang tua balita khususnya tentang perkembangan dan pertumbuhan anak. Upaya Tartilah bersama pengurus TP PKK OKI dalam memajukan BKB di Kabupaten OKI mendapat apresiasi dari pemerintah Pusat maupun provinsi diantaranya, pada Tahun 2004 BKB Desa Sumber Agung Kec. Lempuing menjadi pemenang I kelompok BKB Tingkat Provinsi. PadaTahun 2005 BKB Desa Surya Adi Kec. Mesuji berhasil meraih pemenang II lomba kelompok BKB tingkat nasional dan pemenang I lomba BKB tingkat provinsi danTahun 2005 ini pula diraih Penghargaan Pengelola BKB terbaik Tingkat Nasional atas nama Hj. Tartila Ishak Mekki. Selanjutnya pada Tahun 2011 Hj. Tartilah Ishak memperoleh penghargaan sebagai pengelola BKB terbaik Tingkat Provinsi dan menerima Penghargaan Tingkat Nasional (Penghargaan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan BKKBN Pusat)

Untuk mengatasi masalah rendahnya kualitas SDM, rendahnya minat baca dan kurangnya sarana belajar bagi masyarakat. Hj. Tartilah menggagas berdirinya Rumah Pintar Bende Seguguk sebagai sentra belajar dan bermain bagi anak-anak. Ide ini kemudian ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah Kab. OKI dengan menerbitkan SK. Bupati OKI no. 65/kep. K. KPDAD / 2011, tanggal 21 Februari 2011 tentang pembentukan Rumah Pintar Bende Seguguk Kab. OKI. Rumah Pintar Bende Segugukdiresmikan pada tanggal 21 Juni 2011, yang menyediakan 6 sentra, yaitu Sentra Buku, Sentra Komputer , Sentra Bermain (PAUD dan TK), Sentra Audio Visual , Sentra Kriya (tata boga, kursus salon,kursus sulam pita, kursus menjahit), Sentra Rohani (praktek sholat, belajar iqro, hafalan Asmaul Husna). “Minat baca anak-anak harus kita pupuk. Untuk itu harus ada tempat yang nyaman bagi mereka untuk belajar dan bermain” ujar Tartilah.

Untuk membantu anak-anak yang kurang beruntung agar dapat mengeyam pendidikan, Tartilah membentuk Yayasan G-Ota kab. OKI yang berdiri sejak tahun 2008.Tujuan yayasan ini adalahUntuk mendukung penuntasan wajib belajar pendidkan dasar ( Wajar Diknas 9 tahun), Meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab sosial masyarakat untuk menjadi orang tua asuh bagi anak-anak dari keluarga kurang mampu, Meningkatkan jumlah orang tua asuh, serta Membantu terciptanya kkordinasi dan keterpaduan kerja dengan semua pihak dalam pelaksanaan yayasan G OTA. Saat ini Jumlah anak yang dibantu antara lain pada tingkat SD sederajat (18 kecamatan) sebanyak 225 anak asuh (175 SD/MI + 50 SMP/MTS). Anak-anak ini diberikan perlengkapan sekolah berupa : satu stel pakaian seragam, satu buah tas, sepasang sepatu, buku tulis dan perlengkapan alat tulis lainnya. Pada tahun 2011 sebanyak 3.600 orang anak asuh; dengan orang tua asuh sebanyak 41 orang donatur.

Dalam kesempatan yang sama Bupati OKI yang dalam hal ini diwakili Asisten II Setda OKI Drs. Edwar Chandra mengatakan menyambut baik dilaksanakannya sosialisasi UN bagi guru-guru dilingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten OKI ini. Sosialisasi ini menurut Edwar merupakan upaya untuk menyatukan visi dan misi jajaran pendidikan Kabupaten OKI dalam menyukseskan penyelenggaraan UN yang akan dilaksanakan pada bulan April ini. Untuk itu Edwar berpesan agar guru-guru dapat menciptakan suasana yang kondusif bagi para siswa serta memotivasi semangat belajar siswa “UN jangan dijadikan momok yang menakutkan bagi Siswa tetapi Siswa harus siap dan bersemangat menyambutnya” ungkap Edwar. Sebagai mana diketahui bahwa pada tahun 2012 ini jumlah peserta UN di Kabupaten OKI mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yaitu sebesar 5,56% atau menjadi 3000 lebih siswa. “Secara kuantitas jumlah peserta kita mengalami peningkatan demikian kita harapkan dengan prestasi” kata Edwar. Kita bangga menurut Edward karena pada tahun 2011 yang lalu nilai tertinggi UN kelompok IPA Se Sumatera Selatan diraih oleh siswa SMAN 3 Unggulan Kayuagung dan nilai UN SMP tertinggi Se Sumatera Selatan diraih oleh SMPN 6 Kayuagung. Prestasi ini harap Edwar agar dapat ditingkatkan dan juga dapat diraih oleh SD yang ada di Kabupaten OKI. Selanjutnya Edwar mengatakan bahwa TP PKK Kabupaten OKI telah banyak membantu program-program Pemerintah Daerah, bahkan banyak program-program tersebut merupakan inspirasi dari TP PKK OKI termasuk dibidang pendidikan ini. Bidang pendidikan ini sangat diperhatikan oleh Bapak Bupati jelas Edwar “Bapak Bupati selalu berpesan bila ada anak usia sekolah yang tidak bersekolah di desa-desa agar dapat bersekolah” kata Edwar.

Kepedulian Hj. Tartilah terhadap bidang pendidikan ini juga diakui Maulan seorang guru di Kecamatan Pedamaran “ Dulu saya pernah mengajar di salah satu SMA di Kecamatan Tulung Selapan selama berdiri, di SMA ini tidak pernah di datangi Bupati. Saya sangat terkesan karena Bapak Bupati dan Ibu Tartilah mau datang kesekolah kami dan masyarakat juga heran karena tidak pernah ada pejabat yang datang kesekolah ini sehingga mereka menganggap Saya masih keluarga Bupati sehingga mau datang” Ungkap Maulan. Secara kepribadian ungkap Maulan Bapak Bupati dan Ibu sangat santun karena pernah rumah orang tuanya didatangi oleh H. Ishak Mekki dan Hj. Tartilah untuk bersalaman dengan orang tuanya yang telah uzur. Hj. Marhamah seorang guru SD di Kecamatan Kota Kayuagung mengatakan Ibu Hj. Tartilah sangat menyayangi anak-anak karena ia sendiri dulunya adalah seorang guru. “ Saya yakin Ibu Tartilah dapat memajukan pendidikan karena beliau sangat memahami pendidikan karena beliau sendiri dulunya adalah guru” ungkap Marhumah. Dalam kesempatan ini dipilih para guru TK/SD, Kepala SD, SMP, SMA dan SMK serta pengawas yang akan diumrohkan. Guru dan kepala sekolah yang beruntung ini yaitu Yeni Guru TK Pembina Kayuagung, Sofiah guru SD 2 Kayuagung, Yeni Warliah Kepala SDN 2 Serigeni, Nur Jamil Kepala SMP Swasta Darul Falah Mesuji Raya dan pengawas Ibu Aminah. Umroh bagi tenaga pendidik ini merupakan program Pemkab. OKI (ady)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.