UPAYA PENGHIJAUAN OKI DIAPRESIASI DUNIA

KAYUAGUNG RADIO – Taiwan, Taichung City- 25 April 2012 Upaya penghijauan dan pelestarian lingkungan di Kabupaten Ogan Komering Ilir diapresiasi Dunia.
Berkat upaya ini Bupati Ogan Komering Ilir, Ir. H. Ishak Mekki, MM beserta Ketua TP PKK OKI Hj. Tartilah Ishak diundang oleh ENO (Environment Online) sebuah organsasi lingkungan yang berbasiskan online network, ENO berdiri sejak tahun 2000 dan didirikan oleh Mika Vanhanen seorang guru di Finlandia yang peduli terhadap kelestarian lingkungan, kegiatan utama dari ENO adalah menggalakan penanaman pohon yang dikembangkan dengan kegiatan lingkungan lainnya, ENO ini mempunyai sasaran utama kepada anak-anak sekolah sehingga upaya penyelamatan lingkungan dapat dilakukan sejak dini.

Sebagai seorang pendiri ENO Mika Vanhanen mempunyai target menanam pohon sebanyak100 juta batang pohon sampai tahun 2017, tentu saja usaha ini memerlukan keterlibatan pihak lain dan sokongan dari negara-negara lain, seperti Indonesia yang juga anggota ENO.

Selain melakukan kegiatan penanaman pohon ENO juga memberikan penghargaaan kepada orang-orang yang peduli terhadap lingkungan dari pelbagai profesi dan kali ini Ishak Mekki secara resmi mendapatkan undangan secara resmi untuk mendapatkan penghargaan sebagai tokoh Kepala Daerah yang melakukan penanaman pohon dengan jumlah yang sangat signifikan (ENO ENVIRONMENT GOLD AWARD) dan pada kesempatan tersebut Mika Vanhanen juga memberikan ENO SILVER AWARD kepada Tartilah Ishak sebagai tokoh wanita yang juga melakukan penenaman pohon dalam jumlah yang sangat banyak dan peduli terhadap pelestarian lingkungan,   sebagaimana yang dikatakan oleh Tuty  Marmiaty Koordinator ENO Indonesia bahwa Ishak Mekki telah melakukan penanaman pohon sebanyak 29.000 batang pohon dan juga 21.000 batang pohon dilakukan oleh Tartila Ishak, dengan total 50.000, dan data tersebut telah dilakukan  kroscek secara langsung oleh ENO.

Penghargaan tersebut diberikan pada acara 2nd ASIA OCEANIA ENO CONFERENCE diMingdao School Taichung city, Taiwan yang berlangsung 23-28 April 2012 yang diikuti oleh 11 Negara (Taiwan , India, Malaysia, Thailand, Indonesia, Iran, Guatemala, Rumania, Filipina, Mongolia, dan Kenya), kegiatan konferensi tersebut terpusat di Mingdao School Taichung city kegiatan yang dilaksanakan selama konferensi adalah kegiatan pendidikan lingkungan kepada para guru dan siswa yakni kegiatan seperti pengenalan pembangunanlingkunganDiskusi Panel, presentasi tentang lingkungan oleh guru dan siswa serta cultural show pada semua rangkaian tersebut Kabupaten OKI mengirimkan beberapa siswa untuk berpartisipasi bergabung dengan partisipant dari Sumatera Utara yang juga mewakili Indonesia.

Dan dalam kompetisi tersebut utusan Kabupaten Ogan Komering Ilir yang mewakili Indonesia mendapatkan award THE BEST CULTURAL PEFORMANCE dan penghargaan tersebut diberikan secara langsung oleh Mika Vanhanen.

Sebelumnya Mika Vanhanen melalui surat elektroniknya mengatakan rasa bangganya karena Ishak Mekki dan Hj. Tartilah Ishak merupakan tokoh yang mendukung program ENO di Indonesia."Kami menerima laporan dari koordinator Eno Indonesia tentang upaya pelestarian lingkungan yang Anda lakukan di daerah Anda dan kami memilih Anda sebagai penerima Eno GOLD Award dan Silver Award" .

Penyerahan penghargaan dilaksanakan di Taichung City hall pada sesi pemberian Penghargaan tersebut juga dihadiri oleh Mayor Jason Hu (Walikota Taichung) sebagai salah satu penerima ENO Award yang diberikan pada tanggal 25 april 2012 

Komitmen Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir dalam aktivitas kepedulian terhadap menyelamatkan dan melestarikan fungsi lingkungan hidup ini dilaksanakan bersama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten OKI sebagai mitra pemerintah
dalam mensukseskan program pelestarian ini. Wujud peran aktif PKK dalam program ini ditandai dengan kegiatan Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon (GP-TTP) dan Kecil Menanam Dewasa Memanen (KMDM) yang merupakan bagian dari Gerakan Penanaman Satu Milyar Pohon (OBIT) yang dicanangkan oleh Pemerintah Pusat.
Pelaksanaannya di Kabupaten OKI dimulai sejak tahun 2009 melalui kerjasama antara Tim Penggerak PKK, Dinas Kehutanan dan Dinas Pendidikan Kabupaten Ogan Komering Ilir. Kegiatan ini terus berlanjut dan pada tahun 2011, telah dilaksanakan penanaman sebanyak 9.000 batang pohon mahoni dan trembesi di 36 Sekolah Dasar yang tersebar di 18 Kecamatan dalam Wilayah Kabupaten OKI, selain itu juga telah ditanam 200 batang pohon dalam rangka kegiatan memperingati Hari Kartini, dan 700 batang pohon untuk penanaman yang berkerjasama dengan Bhayangkari Polres Ogan Komering Ilir serta kegiatan tanam lainnya sehingga sampai dengan Desember  2011 gerakan perempuan tanam Kabupaten Ogan Komering Ilir telah berhasil menanam 30.785 batang pohon. 

Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon (GP-TTP) dan Kecil Menanam Dewasa Memanen (KMDM), yang dilaksanakan oleh Tim Penggerak PKK ini melibatkan peran serta siswa,  tenaga pendidik, penyuluh, orang tua dan komponen masyarakat lainnya, dengan demikian Tartilah mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berperan aktif dan memotivasi kesadaran masyarakat untuk bersama-sama memperbaiki lingkungan. Dengan demikian Tartilah berharap dalam waktu yang tidak terlalu lama Kabupaten Ogan Komering Ilir akan menjadi kabupaten yang hijau dan sejuk.

Disamping memberikan dampak positif terhadap lingkungan, dari segi ekonomi menanam pohon juga melakukan investasi atau menabung. Hj. Tartilah mengatakan “Pohon apapun yang ditanam kalau dipelihara dengan baik pasti akan menghasilkan sesuatu, apakah itu kayu, buah, daun, ataupun bunganya”. Hal ini tambahnya tidak hanya akan menyelamatkan lingkungan, tetapi juga berpotensi menghasilkan nilai ekonomi, dan pada akhirnya bisa meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Untuk memotivasi masyarakat dalam pelestarian lingkungan, Tim Penggerak PKK Kabupaten Ogan Komering Ilir berkerjasama dengan Dinas Kehutanan Kabupaten Ogan Komering Ilir pada Tahun 2011 telah melaksanakan penilaian terhadap pelaksanaan Lomba Penghijauan dan Konservasi Alam Wana Lestari Tahun 2011 dengan kategori Kelompok Tani Hutan/Penghijauan (KTH/KTP) dan Kecil Menanam Dewasa Memanen (KMDM) di 18 Kecamatan dalam Kabupaten Ogan Komering Ilir. Apa yang dilakukan Hj. Tartilah Ishak melalui TP PKK ini tentunya dapat turut membantu menghijaukan Kabupaten Ogan Komering Ilir, dan untuk tujuan yang lebih besar lagi sedikit banyaknya dapat membantu mengurangi pemanasan global, karena pohon sangat baik untuk menyerap karbon.

Ir. H. Ishak Mekki, MM Bupati Ogan Komering Ilir menyakini perbaikan lingkungan merupakan kerja besar dan sangat bermafaat bagi masyarakat. Oleh karenanya Ishak mengerahkan SKPD, BUMN, BUMS, serta berbagai pihak untuk ikut serta berperan aktif dalam usaha penghijauan ini. Dengan berbagai usaha ini Kabupaten OKI telah mampu melampaui target penanaman 35.000.000 batang pohon yang dicanangkan pemerintah Provinsi Sumatera Selatan. Melalui berbagai kegiatan penanaman pohon, di Kabupaten OKI telah tertanam. 35.661.953 batang pohon. Hal ini tentunya memberikan kontribusi yang besar pada program penanaman satu milyar pohon secara nasional.
Dalam kesempatan wawancaranya dengan jurnalis lokal Ishak mengatakan bahwa kegiatan konferensi ini luar biasa karena selain diikuti oleh banyak negara partisipant namun yang paling penting adalah nilai pendidikan lingkungan yang sasarkan kepada para peserta terutama para siswa adalah hal yang utama sebagai generasi penerus.

humas oki
Diberdayakan oleh Blogger.