Pemprov Bedah Rumah Tak Layak Huni

KAYUAGUNG RADIO Sebagai salah satu bentuk kepedulian kepada warga dan untuk menunaikan komitmennya agar masyarakat Sumatera Selatan mendapatkan rumah layak huni, maka Gubernur Sumsel H Alex Noerdin, bersama Dinas Sosial Provinsi turun langsung ke lapangan. Hal itu dilakukan guna melaksanakan program bedah rumah yang sudah menjadi program khusus Pemprov Sumsel selama ini.

Program bedah rumah yang dilaksanakan via Dinas Sosial Provinsi ini adalah dengan memberikan bantuan berbagai bahan material yang dibutuhkan bagi rumah yang tak layak huni tersebut. ‘’Untuk pengerjaannya diserahkan kepada masyarakat sekitar, karena merekalah yang tahu akan kondisi alam dan kondisi tanah termasuk bentuk rumah yang sesuai di daerah itu. Jadi, intinya kita hanya memberikan bahan dan silakan masyarakat mengerjakannya,’’ ujar Gubernur di lokasi bedah rumah, Kelurahan Lebong Gajah Kecamatan Sematang Borang, Minggu (28/4).

Bantuan material rumah bernilai 15 juta tersebut diserahkan kepada Sami (70), seorang ibu dari 3 anak dan suaminya M Yusuf yang menderita lumpuh.

"Bantuan ini diserahkan langsung kepada yang berhak, dan ini bagian dari program pemerintah melalui dinas sosial dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat," tambah Alex saat meninjau lokasi.

Dikatakannya, program pemerintah membantu warga yang memiliki rumah tak layak huni sejauh ini sudah dua rumah yang menerima bantuan.

"Target kami tahun ini adalah 150 rumah, dan tahap pertama dalam realisasinya sebanyak 40 rumah dulu,’’ tegasnya.

Kepala Dinas Sosial Provinsi, Apriyadi mengatakan, di samping penyerahan bantuan rumah juga diberikan bantuan berupa tenda dan kursi kepada 5 RT setempat.

"Program ini berjalan bekerja sama dengan Forum Diskusi Masyarakat (FDM) yang kami sebar 38 titik di Kota Palembang," ujarnya.

Nantinya, Dinas Sosial akan melaksanakan secara serentak program bantuan ini di seluruh Provinsi Sumatera Selatan. "Ke depannya kami harap bantuan seperti ini akan meringankan beban masyarakat untuk memiliki rumah yang layak huni,’’ tegas Apriyadi.

Sementara itu, H Dahlan tokoh masyarakat mengatakan, warganya sangat berterima kasih atas kepedulian Gubernur Sumsel yang turun langsung ke kampungnya. "Kehadiran Gubernur merupakan hadiah bagi warga kami di sini. Untuk itu kami berharap pemimpin yang merakyat seperti Pak Alex
terpilih kembali,’’ tegasnya.
Humas Pemprov Sumsel
Foto : Awal
 
Diberdayakan oleh Blogger.