Pemda Sediakan pendamping lokal, Jemaah Haji OKI sangat terbantu

KAYUAGUNG RADIO - Kebijakan Bupati OKI H.Ishak Mekki, dengan menyediakan pendamping lokal, warga oki yang menetap di makkah, yang dibiayai oleh pemkab OKI, dirasakan jemaah calon haji asal Kabupaten OKI sangat membantu. Sebagaimana  diungkapkan TPHD Kabupaten OKI Edward Candara

"Jemaah calon haji asal OKI sangat bersyukur dengan kebijakan Bupati OKI H.Ishak Mekki, dengan menyediakan pendamping lokal, warga oki yang menetap di makkah, yang dibiayai oleh pemkab OKI, hal ini dpt membantu jamaah, pertama langsung dg mendampingi jamaah scr berkelompok utk melaksanakan tawaf dan sai. Apalagi kondisi jamaah masjidil haram sudah pada puncak kepadatannya, jamaah seluruh penjuru dunia sudah hadir di kota makkah" jelas edward.


Dilaporkan Edwar, Perjalanan jamaah haji Kab Oki dari bandara king abdul aziz menuju penginapan di maktab 31 makkah, cukup lancar meskipun sedikit mengalami keterlambatan, karena padatnya lalu lintas kota Makkah. Di maktab 31, jamaah oki di tempatkan di penginapan nomor 701 wilayah Misfalah, dengan jarak yang tidak begitu jauh dg masjidil haram, sekitar 1500 meter.

Kedatangan jamaah oki di kota  makkah disambut suhu udara yg cukup tinggi rata2 di atas 40 derajat. Oleh karena itu ketua kloter ahmad fauzi memutuskan mengajak jamaah kloter 16 utk melaksanakan umroh kedatangan pada malam hari. 
Selasa (8/10) sekitar pukul 23.00 waktu setempat jamaah OKI mulai melaksanakan umroh. 


Pantauan TPHD terdapat beberapa jamaah dibawa ke masjidil haram dg menggunakan kursi roda mulai dari penginapan utk melaksanakan tawaf dan sai. Hingga rabu (09/10) tercatat 200 jamaah haji kab oki telah menuntaskan umroh kedatangannya, tinggal orang lagi atas nama ibu Tiknon dari pedamaran yg rencana akan melaksanakan umroh hari kamis (10/10) dg menggunakan kursi roda, karena ibu Tiknon mengalami kelelahan saat baru tiba di penginapan karena usia beliau yang sudah lanjut. Umrohnya akan di fasilitasi oleh TPHD dengan mencarikan petugas yang akan mendampinginya.
Dr. Dedi selaku TKHD menjelaskan "kami terus memantau kesehatan seluruh jammaah oki bekerjasama dg tim kesehatan kloter. Sejauh ini jammaah belum banyak mengalami keluhan kesehatan. Setiap saat kami selalu siap melayani kesehatan jamaah" pungkas dr.dedi.

Rabu (09/10) sore waktu setempat petugas kloter didampingi TPHD dan para ketua rombongan, dibawa oleh petugas maktab menuju arofah utk melihat lokasi rencana tenda jammah oki melaksanakan wukuf, dan dilanjutkan ke mina.

"Waktu wukuf dan rangkaian kegiatan di armina, tinggal beberapa hari ini, kami sudah menghimbau jamaah untuk menjaga kondisi kesehatan dan istirahat yang cukup, agar puncak ibadah haji dapat dirampungkan dg baik. Karena padatnya masjidil haram dan panasnya cuaca, jamaah kami himbau utk tidak memaksakan diri melaksanakan sholat wajib apalagi pd siang hari". Terang edward.
Jamaah OKI rencananya akan mulai diangkut oleh petugas maktab menuju padang arofah pd hari minggu (13/10) sekitar pukul 10 pagi waktu setempat.
Laporan : TPHD Kabupaten OKI (Drs. Edwar Candra)


Diberdayakan oleh Blogger.